Beranda Maluku Utara Sebanyak 160 Warga Fitu Bakal Terima Sertipikat Tanah Gratis

Sebanyak 160 Warga Fitu Bakal Terima Sertipikat Tanah Gratis

194
0
BAGIKAN
Kantor Kelurahan Fitu. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Sebanyak 160 sertipikat tanah bakal diserahkan kepada warga kelurahan Fitu kecamatan Ternate Selatan. Penyerahan tersebut merupakan pada Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 yang diberikan secara gratis.

Lurah Fitu, Junaidi Teapon saat diwawancara Kamis (28/11/2019) mengatakan, pada pengusulan Kelurahan Fitu mengajukan kurang lebih 200 pemohon untuk ikut dalam Program Nasional Agraria (Prona) PTSL, namun karena terkendala dengan kelengkapan berkas dokumen yang belum lengkap dari sebagian warga, maka yang diikut sertakan hanya 160 nama.

“Kami ajukan 200 lebih hanya disetujui 160 dan pada waktu penyerahan secara simbolis oleh wali kota beberapa hari lalu ada 5 warga sebagai perwakilan, dan sisanya yang 155 sertifikat kami belum tahu kapan penyerahannya,” jelasnya.

Menurut Junaidi, untuk 155 sertipikat masih ada di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ternate, dan untuk penyerahan ke setiap kelurahan belum diketahui pasti, kapan waktu penyerahannya, sedangkan untuk warga yang belum memiliki sertipikat tanah dikelurahan Fitu terbilang banyak, sehingga dirinya berharap pada prona PTSL mendatang bisa diakomodir secara bertahap.

“Jadi warga nanti tinggal tunggu info selanjutnya apakah warga yang ambil sendiri di BPN atau menunggu BPN serahkan ke kelurahan,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan untuk pengambilan sertipikat warga tidak diwajibkan untuk membayar pasalnya semua sudah ditanggung oleh negara.

“Ini program gratis jadi tidak ada yang bayar-bayr lagi karena semua sudah ditanggung negara,”singkatnya. (NT).