Beranda Maluku Utara BPJS Kesehatan Cabang Ternate Lakukan Spot Check ke semua Kelurahan di Ternate

BPJS Kesehatan Cabang Ternate Lakukan Spot Check ke semua Kelurahan di Ternate

119
0
BAGIKAN
Salah satu petugas Spot Chek foto bersama dengan peserta BPJS Kesehatan. (Foto: Istimewa)

TERNATE – BPJS Kesehatan cabang Ternate melakukan spot check ke kelurahan-kelurahan diwilayah kota Ternate. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Duta BPJS Kesehatan Cabang Ternate dengan tujuan untuk memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah didistribusikan dengan tepat kepada peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Claudia M. Talibonso menjelaskan saat diwawancara, Selasa (3/12/2019), bahwa spot check dilaksanakan untuk memastikan bahwa kewajiban BPJS Kesehatan untuk memberikan identitas berupa kartu KIS, selain itu dengan melakukan kunjungan langsung kepada peserta juga dapat memberikan informasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan.

“Setelah melakukan pencetakan kartu dan mendistribusikannya, kami juga harus memastikan kembali kartu tersebut telah diterima dengan baik oleh peserta, dipastikan juga data yang ada di kartu KIS sudah sesuai dengan data kependudukan peserta baik Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). Selain itu kami juga dapat memberikan informasi kepada peserta hak, kewajiban serta mekanisme pelayanan di fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan,” jelas Claudia.

Claudia juga mengingatkan kepada peserta agar tidak menyalahgunakan kartu KIS yang telah diterimanya, seperti meminjamkan kepada tetangga maupun sanak saudaranya, karena dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi pemilik kartu KIS maupun yang meminjam kartu KIS karena sudah termasuk tindak pidana penipuan dan pemalsuan.

Spot check ini disambut baik oleh warga, bagi mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya sekaligus memberikan masukan-masukan terhadap pelaksanaan program JKN-KIS. Meskipun sudah lama mendapatkan Kartu KIS masih terdapat warga yang belum paham prosedur penggunaan kartu KIS untuk berobat. Selain itu terdapat juga warga yang sudah memahai prosedur penggunaan kartu KIS dan memberikan masukan-masukan agar program JKN-KIS bisa lebih baik lagi dan tetap eksis karena sangat membantu warga yang sedang sakit.

Warga Kelurahan Marikurubu, Hilda Murid saat diwawancara mengaku program JKN ini sangatlah membantu masyarakat karena masyarakat sudah tidak perlu bingung lagi memikirkan biaya pengobatan apabila sakit. Hilda juga berharap agar kegiatan spot check ini rutin dilakukan karena menurutnya banyak warga yang sudah mendapatkan kartu KIS tetapi tidak memahami prosedur pelayanan kesehatan.

“Kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan karena warga bisa bertanya mengenai tata cara penggunaan kartu KIS ini. Selama ini warga hanya mendapat kartu dari petugas Puskesmas tanpa disosialisasikan prosedur penggunaannya. Dengan turun langsungnya petugas BPJS Kesehatan, warga mendapatkan informasi yang selama ini belum diketahui,” pungkasnya. (NT)