Beranda Maluku Utara Wawali Tidore Hadiri Acara Pelantikan Pengurus Karang Taruna Akebay Mandiri

Wawali Tidore Hadiri Acara Pelantikan Pengurus Karang Taruna Akebay Mandiri

114
0
BAGIKAN
Wawali Tidore Hadiri Acara Pelantikan Pengurus Karang Taruna Akebay Mandiri. (Foto: Istimewa)

TIDORE KEPULAUAN – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen menghadiri acara Pelantikan Pengurus Karang Taruna Akebay Mandiri sekaligus Melounching Gerakan Pungut Sampah Plastik Menuju Sail Tidore di Desa Maitara, Kecamatan Tidore Utara, Sabtu (18/1/2020) malam.

Acara diawali dengan oelantikan Pengurus Karang Taruna Akebay Mandiri Desa Maitara oleh Kades Maitara sesuai Surat Keputusan Kepala Desa Maitara Nomor : 05/30.11/Tahun 2020 tentang Pengukuhan Struktur Kepengurusan Karang Taruna Desa Maitara “Akebay Mandiri” dan Launching Gerakan Pungut Sampah Plastik Menuju Sail Tidore 2021.

Lewat kesempatan ini, lelaki yang biasa disapa Ayah Erik ini menyampaikan bahwa saat ini dunia internasional sudah sangat prihatin dengan sampah plastik yang memiliki penguraian yang cukup lama sehingga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Oleh sebab dengan dilounchingnya Gerakan Pungut Sampah plastik ini diharapkan peran pemuda dan masyarakat untuk berperan aktif terhadap masalah sampah di Desa Maitara.

“Peran pemuda Desa Maitara sudah sangat aktif dalam melihat perkembangan di masyarakat, saya juga menegaskan bahwa pemuda Maitara memiliki kepedulian akan lingkungan sekitar,” tegas Ayah Erik.

Lebih lanjut, Ayah Erik mengingatkan bahwa Desa Maitara merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kota Tidore Kepulauan, maka Pemuda Karang Taruna yang ada disetiap Desa sepulau Maitara harus bangkit dan melakukan dengan hal yang sama, tunjukan kerja-kerja nyata dilapangan bahwa kita adalah pemuda, sebab maju atau tidak maju suatu Desa itu semua tergantung dari pemuda desa itu sendiri, terutama pemuda yang ada di Desa Maitara.

“Saya juga berharap agar di tahun-tahun mendatang  kegiatan-kegiatan seperti ini terus berlanjut dan kepada para Camat, Lurah, dan Kepala Desa se-Kota Tidore Kepulauan juga harus mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna yang berada dimasing-masing wilayah,” ujar wakil wali kota.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Aprianto Udin dalam laporannya mengatakan masalah lingkungan yang paling banyak ialah masalah sampah, sebab sampah merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh semua daerah bahkan begara. Jenis sampah yang paling sering menjadi masalah dijaman sekarang ini adalah sampah plastik, hal ini karena sampah plastik jumlahnya sangat banyak dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, generasi muda Desa Maitara melakukan gerakan ini agar Desa Maitara terlihat bebas dari sampah plastik serta dalam menyambut Sail Tidore pada Tahun 2021 nanti lebih terilihat indah dan bersih demi menuju Tidore Jang Foloi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Tidore dalam hal ini diwakili KBO Reskrim, Pimpinan OPD Kota Tidore Kepulauan, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Muspika Kecamatan Tidore Utara, Camat Tidore Utara, Kades se Pulau Maitara, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda yang berada di Desa Maitara. (Hms/SS)