Beranda Maluku Utara Jika Petani Butuhkan, Distan Morotai Siap Berikan Bantuan Bibit

Jika Petani Butuhkan, Distan Morotai Siap Berikan Bantuan Bibit

82
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, M. Rizal Ismail. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulau Morotai, siap memberikan bantuan bibit kepada para petani jagung dan padi, yang tanamannya terkena banjir di Desa Mira Kecamatan Morotai Timur (Mortim).

”Kami siap berikan bantuan bibit jagung dan padi jika mereka (Petani) membutuhkan dan mau lakukan penanaman kembali,” kata Kadistan Pulau Morotai, M. Rizal Ismail, ketika dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Selasa (21/1).

Dirinya mengaku, memang sejauh ini kami (Distan) belum turun ke lokasi lahan tani yang terkena banjir. Namun kata Rizal, mereka (Petani) sudah laporkan dan mereka menginginkan agar pihaknya melakukan ganti rugi tanaman berupa uang tunai, namun pihaknya telah menyampaikan kepada para petani. Kalau ganti rugi dalam bentuk uang tidak ada, karena pos anggaran untuk ganti rugi itu tidak ada di kami, yang ada di kami hanya bibit.

”Jadi kalau petani tersebut membutuhkan dan mau lakukan penanaman kembali maka kami siap memberikan bantuan bibit,” akunya.

Diketahui bahwa, bencana banjir yang terjadi di Desa Mira Kecamatan Morotai Timur (Mortim), itu sejak tanggal 7-8 Januari 2020. Kejadian tersebut mengakibatkan tanaman jangung dan padi milik petani setempat rusak. (Ical)