Beranda Maluku Utara Tarik Minat Generasi Muda, Koramil 1508-05/Daruba Berikan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD

Tarik Minat Generasi Muda, Koramil 1508-05/Daruba Berikan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD

725
0
Suasana sosialisasi. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mengabdi dan berprestasi kepada bangsa dan negara, Koramil 1508-05/Daruba, Jumat (7/2) bertempat di SMK Bumi Moro Desa Juanga Kecamatan Morsel, dan SMK Negeri 1 Morotai Desa Sangowo Kecamatan Mortim, menggelar sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AD tahun 2020 kepada para pelajar.

Bati Tuud Koramil 1508-05/Daruba Serma Erlanta Sihombing, saat memberikan sosialisasi mengatakan, Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan motivasi terhadap para siswa/siswi agar tumbuh rasa kebangsaan dan cinta tanah air dengan mengabdikan diri menjadi Prajurit TNI-AD.

”Para siswa/siswi kalau memang berminat jadi Prajurit TNI-AD harus mempersiapkan diri sejak dini. Baik persiapan fisik, mental dan belajar dengan baik serta rajin berolah raga, dan hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” ucapnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut dia, para siswa-siswi dapat mengetahui persyaratan dan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi untuk menjadi prajurit TNI-AD, yakni kelengkapan administrasi, kesehatan dan postur, kesegaran jasmani, mental ideologi serta psikologi.

”Dari setiap materi tersebut tentu ada standar nilai yang telah ditetapkan sebagai persyaratan untuk lulus menjadi prajurit TNI-AD, dan apabila ada yang kurang jelas nanti bisa menanyakan langsung ke Koramil atau bisa membuka Link website www.ad.rekrutmen-tni.mil.id,” terangnya.

Sementara, salah satu siswa Muhammad mengatakan, “Kami mewakili rekan-rekan siswa/siswi sangat berterima kasih kepada Bapak-papak dari Koramil 1508-05/Daruba yang sudah hadir di sekolah kami untuk sosiallisasi tentang penerimaan masuk TNI, karena dengan di laksanakan sosisialisasi dari Koramil, kami bisa memahami tahapan-tahapan seleksi yang harus kami siapkan sebelum mengikuti seleksi untuk mencapai hasil yang baik,” katanya.

Terpisah, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Bumi Moro Yatman Taba mengungkapkan, selaku Kepsek merasa bangga karena dengan adanya sosialisasi  tentang penerimaan Prajurit TNI-AD dari Koramil, “Kami pihak sekolah terutama siswa-siswi SMK Bumi Moro termotivasi, karena penerimaan TNI-AD yang dikhususkan di pulau terluar memberikan kesempatan terbaik buat putra daerah. Alhamdulillah sampai saat ini alumni SMK Bumi Moro sudah berhasil sebagai Prajurit TNI-AD sebanyak 5 orang,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Kami berharap kedepan nanti Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai dapat menambah kuota penerimaan TNI-AD maupun POLRI melalui jalur koordinasi dengan pihak terkait, agar kuota TNI maupun POLRI khususnya daerah terluar lebih banyak supaya putra-putri daerah bisa terakomodir lebih banyak sebegai prajurit dari daerah perbatasan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepsek SMK Negeri 1 Pulau Morotai Sofyan Baba mengucapkan terima kasih atas adanya sosialisasi ini, ”Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk anak didik kami. Khususnya putra daerah kami bisa diakomodir dalam kesempatan jika ada peluang. Olehnya itu kami berharap pihak stakeholder dalam hal TNI bisa memperhatikan generasi kami yang akan datang,” ucapnya.

Sementara, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Raymond Sitanggang saat di konfirmasi wartawan menyatakan, “Sosialisasi tersebut merupakan pemberitahuan informasi kepada siswa-siswi sekolah dan guru tentang adanya penerimaan calon prajurit TNI AD, tidak hanya itu, kegiatan ini juga sekaligus untuk menarik minat generasi muda untuk menjadi prajurit TNI-AD,” tandasnya.(Ical)