Beranda Maluku Utara Sekjen Kwarnas Resmi Lantik Kwarda Pramuka dan Mabida Malut

Sekjen Kwarnas Resmi Lantik Kwarda Pramuka dan Mabida Malut

202
0
BAGIKAN
Sekjen Kwarnas Pramuka saat di wawancarai. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Sekertaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melantik dan mengukuhkan pengurus Kwarda Pramuka Maluku Utara,  sekaligus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Masa Bakti 2019-2024. Acara berlangsung di Grand Dafam Bela Hotel Ternate, pada Kamis (13/2/2020) siang tadi.

Ketua Kwarda Malut yang baru dilantik yakni Muhammad Abusama, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda H.Jafar Umar, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa dan Bela Negara Abdullah Pelupessy, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Rijal Junaidi Kotta, Wakil Ketua Bidang Keuangan udaha dan Aset Rahim Husen, Wakil Ketua Bidnag Hukum dan Abdimas Safi Pawah, Sekretaris Fauji Koda, Bendahara Rahmat Sadik Gafur.

Selain melantik pengurus kwarda Pramuka Malut, Sekjen Kwarnas Juga melantik dan mengukuhkan Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida).

Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, selaku Mabida dalam sambutannya mengatakan bahwa, atas nama Pemerintah Malut dan selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Malut, mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan saudara-saudara sebagai pengurus Pembimbing Daerah, Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Pengurus Kwartir Daerah Malut pada masa bhakti 2019-2024.

“Semoga dengan pengurus yang baru dilantik ini, lebih mengoptimalkan dan meningkatkan lagi pendayagunaan potensi sumber daya manusia yang ada, menyempurnakankan lagi sistem pembinaan, serta selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwarnas, Mayjen. TNI (Purna) Dr. Bachtiar, saat diwawancarai menuturkan, Kwarnas melantik Mabida sudah sesuai dengan UU Pramuka Nomor 12 tahun 2010, bahwa semua Gubernur merupakan Mabida yang mempunyai tugas membina Kwarda yang ada di Mabida itu sendiri.

Menurutnya, dengan disahkannya kepengurusan pelantikan Kwarda ini, maka diharapkan Gubernur selaku Mabida melantikan peserta pengurusnya masing-masing. Dimana Dalam pelantikan tersebut, Gubernur selaku Mabida juga melantik Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) untuk jajaran Kwarda.

Selain Kwarda pada tingkat cabang juga ada Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan yang memimpin Mabicab yakni pejabat wali Kota, kemudian ada juga di sekolah-sekolah yakni gugus depan.

Sekjen berharap dengan dilantiknya Gubernur selaku Mabida, beserta LPK dan pengurus lainnya, Gerakan pramuka khususnya Kwarda Provinsi Maluku Utara, ini bisa tumbuh dengan baik.

Ia juga menuturkan, bahwa dalam Pramuka aspek yang kedua terkait dengan pengetahun dan Kemampuan, telah dikembangkan bagaimana kedepannya harus menciptakan Pramuka yang produktif.

“Kita juga berharap kedepannya ada perkemahan, pioner, dan semua kegiatan pramuka itu bisa aktif,” katanya.

Lanjut dia, Pramuka itu ada juga di tingkat TK dan SD yang dinamakan Pramuka tingkat siaga, kemudian masuk di Penggalang, Penegak baru Mapida.

Sementara itu pesan Sekjen kepada Ketua yang baru di lantik, yakni gerakan Pramuka yang ada di wilayah Maluku Utara tersebut bisa maju dengan pesat.

“Bahwa Gubernur, Bupati, Wali Kota harus bisa membantu mendanai dalam kerja bakti kegiatan Pramuka,” harapnya.

Pelantikan tersebut Berdasarkan lampiran surat keputusan kwartir Nasional gerakan Pramuka Nomor 015 Tahun 2020, pengurus kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku Utara masa bhakti 2019 -2024. (NN)