Beranda Maluku Utara Sikapi Covid 19, Legu Gam 2020 di Tunda

Sikapi Covid 19, Legu Gam 2020 di Tunda

1097
0
Ketua Bidang Protokoler dan Humas Panpel Legu Gam 2020, Abdul Gani Lating.

TERNATE – Panitia pelaksana (Panpel) Festival Lagu Gam Moloku Kie Raha 2020 akhirnya menunda pembukaan Legu Gam 2020. Hal tersebut yakni Menyikapi pencegahan Corona Virus (Covid 19).  Bahkan di Kota Ternate yang saat ini juga sudah dikeluarkan peringatan dini oleh Pemerintah Kota Ternate.

Berdasarkan surat walikota Ternate nomor : 360/05/2020 tanggal 20 Maret 2020 tentang penyampaian penundaan pelaksanaan kegiatan, yang tentunya sudah disepakati berdasarkan hasil pertemuan ketua Umum Legu Gam 2020, Firman Mudaffar Sjah bersama Walikota Ternate, H. Burhan Abdurahman pada tanggal 19 Maret 2020 lalu.

Ketua bidang Protokoler dan Humas Panpel Legu Gam 2020, Abdul Gani Lating dalam wawancaranya, Minggu (22/3) menjelaskan bahwa penundaan dilakukan berdasarkan surat keputusan walikota dan pembukaan akan dilakukan pada tangga 1 April 2020 di Lapangan Ngara Lamo Salero, Ternate.

Dirinya menyebutkan untuk kegiatan ritual adat seperti Fere Kie, Ziarah dan Kololie Kie Moto Ngolo akan dilaksanakan lebih awal yakni pada 23 dan 25 Maret 2020, dengan hanya melibatkan perangkat adat kesultanan bersama Pemerintah Kota Ternate.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk bahwa Kesultanan Ternate dan Panpel Legu Gam dalam menyikapi masalah nasional yang saat ini, yaitu penyebaran Covid 19 dengan memanjatkan doa dan dzikir kepada Allah SWT agar terhindar dari segala musibah, bencana dan malapetaka melalui tradisi religi yang telah diwariskan para leluhur Moloku Kie Raha,” jelasnya.

Untuk kegiatan-kegiatan Festival Legu Gam, dia mengatakan akan menyesuaikan dengan waktu batas akhir masa tanggap darurat Covid 19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Ternate. Dia juga menambahkan bahwa beberapa kegiatan dalam Festival Lagu Gam akan diboboti sosialisasi serta edukasi kepada warga, terkait bagaimana menyikapi covid 19.

“Kesultanan dan Panpel Legu Gam 2020, menghimbau bagi semua warga Kota Ternate agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta selalu meningkatkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar terhindar dari semua bencana dan m

alapetaka,” singkatnya. (NN)