Beranda Maluku Utara Kapal Semarak Malut 01 Resmi Beroperasi Di Maluku Utara

Kapal Semarak Malut 01 Resmi Beroperasi Di Maluku Utara

32
0

TERNATE  – Kapal Semarak Malut 01 resmi beroperasi di wilayah Maluku Utara. Kapal  milik PT. Semarak Perkasa Lestari ini diresmikan di Dermaga Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate, Kamis (18/7/24).

Peresmian Kapal Semarak Malut 01 ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Ternate De. M. Tauhid Soleman M.Si, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara Nurlela Muhammad, S.Pd, M.Pd, jajaran Direksi PT. Semarak Indonesia Perkasa Lestari, kemudian diikuti dengan kembang api, dan setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng di dalam Kapal Semarak Malut 01.

Turut hadir juga perwakilan unsur Forkopimda Kota Ternate, dan Maluku Utara, Perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Perwakilan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Kota Ternate, Perwakilan Kepala Kantor Imigrasi Ternate, Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, dan perwakilan Perbankan Kota Ternate.

Kapal ini akan beroperasi di wilayah Maluku Utara untuk membantu logistik Maluku Utara. Semarak 01 ini merupakan kapal pertama yang berganti bendera dari bendera asing ke bendera Indonesia di Kota Ternate, karena biasanya harus dilakukan di Jakarta.

Direktur Utama PT. Semarak Perkasa Lestari, Raymond Tamstil, dalam sambutannya berharap kehadiran kapal ini dapat mendukung ekosistem logistik di Maluku Utara dan secepatnya kota Ternate bisa menjadi pelabuhan transit untuk Indonesia Timur seperti hal nya Singapura untuk Asia Tenggara.

“Semoga pelabuhan kota Ternate ini bisa menjadi pelabuhan alternatif untuk pendaftaran kapal asing sebagai alternatif dari Jakarta dan Surabaya,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si juga turut mengucapkan selamat kepada PT. Semarak Perkasa Lestari yang hari ini melakukan peresmian Kapal Semarak Malut 01 sekaligus penggantian bendera kepemilikkan dari bendera negara asing ke bendera merah putih Indonesia.

“Ini artinya bertambah satu lagi transportasi tetap yang melayani distribusi barang maupun jasa di Maluku Utara,” ujar Wali Kota.

Wali Kota menyampaikan, Maluku Utara termasuk daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia. “Yang menjadi pertanyaan, seberapa besarkah pertumbuhan ekonomi tersebut memberi kontribusi langsung kepada masyarakat, karena beberapa daerah di Maluku Utara masih tercatat dalam data kemiskinan”.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, untuk Kota Ternate, di Tahun 2023 pertumbuhan ekonomi berada dikisaran 5%, ini merupakan pertumbuhan yang tinggi di Maluku Utara dan perkembangannya berjalan dengan baik.

“Khusus untuk Kota Ternate, kita harus memenuhi semua kebutuhan dari luar Kota Ternate. Bahkan akhir-akhir ini kita mengalami kekurangan ikan, korelasi dengan transportasi ini tentunya akan memberikan manfaat yang positif bagi pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah termasuk Kota Ternate,” pungkasnya.

Menurutnya, dengan melihat data angka dan sebagainya, Wali Kota yakin dengan keberadaan kapal ini yang mana secara rutin akan membawa barang-barang dari luar Maluku Utara, maka hal yang terkait dengan ketesediaan barang dan keterjangkauan harga harus menjadi dominasi Pemerintah untuk melakukan pengawasan.

“Juga setiap rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kami selalu menghadirkan distributor PT. Semarak Perkasa Group, karena kita ingin melihat misalnya inflasi yang terjadi akibat hari-hari besar keagamaan,” ungkap Wali Kota.

Selaku Kepala Daerah, Wali Kota menyambut dengan baik kedatangan salah satu armada transportasi yang akan melayani Maluku Utara termasuk Kota Ternate.

“Mari kita berkoordinasi sehingga walaupun ada hambatan, namun tidak menganggu distribusi barang dan jasa di Maluku utara khususnya Kota Ternate,” harapnya.

Usai peresmian, Wali Kota bersama tamu undangan lainnya juga berkesempatan untuk melihat-lihat anjungan Kapal Semarak Malut 01. (TP/Rls)