Beranda Citizen Journalism Long boat Putri Tunggal 03 Hilang Kontak Di Perairan Obi

Long boat Putri Tunggal 03 Hilang Kontak Di Perairan Obi

699
0
BAGIKAN
ilustrasi longboat Foto:Tengakarta.wordpress.com

GN-Ternate, Pada hari kamis tanggal  29/12/2016 sekitar pkl 18.00 wit   long boat ( Fiber) Putri Tunggal  03, mesin 40 PK 3 (tiga) buah dengan muatan minyak bensin kurang lebih  10 (sepuluh) ton dari pelabuhan kupal  hendak menuju ke PT. WP Houl Sagu di Desa Baru Kecamatan  Obi Halmahera Selatan.

Long boat tersebut membawa penumpang terdiri dari Hi. Hamid Buton alias Lakaduta, Alan (Motoris), Tamrin (ABK), Arjuni (ABK).

KM. Putri Tunggal 03 rute Kupal – Obi Kawaci bertolak  pukul 18.00 wit dari Kupal menuju Obi. Diperkirakan 4-5 jam sdh tiba di Obi. Namun hingga pagi tadi belum tiba di Obi. Setelah dikontak namun tidak ada balasan,  pihak keluarga korban langsung melapor ke instansi terkait dan dinyatakan KM. Putri Tunggal 03 Lost Contact di perairan Obi

Atas kejadian tersebut, saat ini korban an. Alan (Motoris) telah di temukan oleh masyarakat Desa Waringin kecamatan  Obi Utara an. Anwar beserta istrinya an. Haulakum yang saat itu  hendak  menuju ke desa waringin. Pukul 10.00 wit  saat mereka  melintas  di Tanjung Kadera Desa Madapolo Kecamatan  Obi Utara kedua pasutri  tersebut  mendengar serta melihat korban  meminta tolong.  Keduanya  langsung menolong  korban dan  kemudian menbawa korban ke puskesmas Madapolo Kecamatan  Obi Utara.

Berdasarkan keterangan dari  korban an Alan (Motoris) bahwa saat di pertengahan perjalanan  antara Pulau Bacan dan Pulau Tapa Kecamatan  Obi Barat long boat (Fiber) yang membawa mereka, disapu ombak dan angin kencang, kemudi  longboat kemudian  di ambil alih oleh Hi. Hamid Buton namun tidak bertahan lama,  longboat  nahas itu  akhirnya mengalami kecelakaan.

Kejadian tersebut di perkirakan sekitar pukul 09.00 wit tepatnya mendekati Pulau Tapa dan pada saat kecelakaan korban an. Alan berusaha mengapung  dengan menggunakan papan sementara 3 korban  yang  lain menggunakan jerigen. Korban alan kemudian berusaha berenag meninggalkan para korban lain dengan tujuan meminta pertolongan.

Korban an Alan sementara  masih dirawat di Puskesmas Madapolo Kecamatan  Obi Utara dengan kondisi cukup membaik.

Sempat di lakukan pencarian terhadap korban lainnya  di seputaran perairan Pulau Madapolo oleh Polsek Obi dengan pihak KPLP Kecamatan  Obi dengan menggunakan speed boat milik KPLP namun karena cuaca laut  tak bersahabat di mana kurang lebih ketinggian ombak sekitar 3 hingga 4 meter sehingga pencarian sempat di hentikan sementara.

Saat ini 3 buah kapal dikerahkan untuk mencari penumpang longboat  nahas tersebut. Tiga kapal yang bergerak melakukan pencarian adalah,  KM Obi permai pencarian ke arah Desa Sum (obi timur),KM Duta Aru Indah 04  pencarian ke arah pulau Tapa (Obi utara),Speed  boat milik KPLP Obi pencarian menyisir Pulau Bisa (obi utara). Data sementara mengatakan, tiga korban  masih dalam pencarian. (*)