Beranda Kuliner Nasi Jaha Kuliner Warisan Para Tetua

Nasi Jaha Kuliner Warisan Para Tetua

552
0
BAGIKAN
Nasi jaha, Makanan khas Maluku Utara

Gamalamanews.com-Ternate, Nasi jaha dikenal sejak jaman dahulu kala. Meski begitu makanan khas Maluku Utara ini, tergolong masih tradisional dalam proses pengolahannya. Diberi nama nasi jaha karena pengolahannya yang terbilang unik. Selain harus menggunakan wadah dari bambu, nasi jaha harus dimasak di atas bara api.

Mula-mula beras ketan yang sudah di cuci di masukkan ke dalam bambu yang sudah dibersihkan diberi alas daun pisang muda,  kemudian diberi campuran santan dan garam agar rasanya gurih.

Setelah siap,  mulut bambu ditutupi daun pisang muda, nah jika sampai ke tahap ini nasi jaha kemudian dibakar di atas bara api.

Proses masak kuliner ini,  haruslah merata, dengan cara dibalik jika bagian lainnya  dirasa sudah matang. Ini dilakukan untuk menjaga agar nasi jaha masak sempurna. Proses pembuatan nasi jaha tentunya dibutuhkan keahian dan kesabaran agar  kuliner yang banyak digemari warga setempat ini matang sempurna.

Festival Nasi Jaha baru-baru ini

Pembuatan nasi jaha,  tak memakai bahan pengawet apapun,  untuk itulah makanan tradisional khas Maluku Utara ini paling enak disantap dalam keadaan hangat.

Setelah masak,  wadah bambu kemudian dikupas,  nasi jaha  siap dipotong-potong dan disajikan bersama teh hangat. Biar lebih enak,  warga sekitar biasa menyajikan nasi jaha dengan lauk ikan fufu (ikan asap) dan kacang tanah sangrai.

Saat  bulan ramadhan tiba,  nasi jaha laris manis. Disetiap sudut Kota Ternate,  banyak penjual kuliner yang menjajakan makanan yang satu ini.

Harganya beragam,  ada yang menjual perpotong dua ribu rupiah,  ada juga yang menjual per “bulu” empat puluh ribu rupiah. Nah guys,  jika anda mampir ke Maluku Utara khususnya ke Kota Ternate,  jangan ragu mencoba nasi jaha. Salah satu kuliner warisan para tetua yang lestari dijaga anak cucu. (dw)

 

Tinggalkan Balasan