Beranda Maluku Utara Sastra dan Kids Zaman Now

Sastra dan Kids Zaman Now

258
0
BAGIKAN
Sofyan A Togubu

Oleh : Sofyan A Togubu
Penulis Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia

Pembahasan dan penerapan nilai sastra sangat penting untuk kehidupan manusia, bila pembahasaan mengenai sastra pastilah terlintas dalam pikiran kita bahwa tulisan atau salah satu karya yang bersentuhan dengan keindahan konsep ini sesuai dengan perkembangan globalisasi.

Namun demikian penulis membatasi pada konsep dan fungsi sastra agar tidak bias. Sastra pada dasarnya sebagai guru moral, dan tidak telepas dari spritual (agama) . Menurut Aritoteles, sastra dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dengan melandasi agama, filsafat dan juga ilmu pengatahuan.

Secara umum fungsi sastra terdapat fungsi rekreatif,  dedikatif,  religius, estetis dan moralitas   kita membatasi pada   pada fungsi moralitas mengambarkan yang tingkah laku dari seseorang yang baik dan buruk.

Melihat tingkah laku anak zaman kini atau dikenal dengan kids zaman now namun,agak baiknya  kita harus telusuri istilah tersebut. Dari segi bahasa kids dan now dari bahasa Inggris kids yang artinya anak-anak dan now yang berarti sekarang. Dihubungkan maka mengandung arti anak-anak zaman sekarang,
dengan konotasi negatif . Sebab, generasi zaman sekarang telah lupa nilai-nilai entah dilihat dari nilai yang terkandung dalam keluarga, masyarakat dan agama yang dianutnya. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah anak muda dibawah umur dengan berpacaran cantohnya. Berpegang tangan bahkan hal negatif lainnya.

Melihat hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama, terutama kepada orang tua yang memiliki hak penuh membimbing dan tidak lupa menerapkan nilai-nilai kepada anaknya agar tidak bergaul sembarangan yang berimbas pada hal  negatif karena mengikuti  perkembangan yang pesat.

Bukan berarti pemerintah dan peran pendidikan dalam hal ini guru berpangku tangan. Karena telah dijelaskan terlebih di atas bahwa ini merupakan tanggung jawab kepada generasi . Peran guru juga urgent (sangat penting) dalam membimbing anak asuhnya terlebih guru Bahasa Indonesia dan dosen Bahasa Indonesia, lebihnya  dosen yang lain yang benar-benar mampu menerapkan nilai-nilai sastra dalam kehidupan siswanya  dan mahasiswanya agar kids zaman now tidak berprilaku melenceng pada nilai moral dan setidaknya dapat dikurangi dan bisa diatasi.