Beranda Halmahera Barat Peringati HPN KJH Beri Bantuan kepada Masyarakat Kurang Mampu

Peringati HPN KJH Beri Bantuan kepada Masyarakat Kurang Mampu

75
0
BAGIKAN

JAILOLO – Peringati Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Komunitas Jurnalis Halmahera Barat (KJH), Jum’at 09/02/18, melakukan Bakti Sosial (BAKSOS), Pembagian Sembako kepada masyarakat desa Matui Kecamatan Jailolo.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Halbar tersebut sekaligus disertai shalat Jumat bersama jamah dan penyampaian pemberian bantuan 50 sak semen oleh wakil dan KJH untuk pembangunan pagar masjid Matui.

Ketua KJH dalam sambutannya mengatakan, di hari pers nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari ini, kami Komunitas Jurnalis kabupaten Halbar menggelar kegiatan menyambut hari pers dengan melakukan pembagian sembako kepada fakir miskin dan bakti sosial bersama masyarakat di desa Matui Kecamatan Jailolo.

Agenda perayaan HPN ini, merupakan kegiatan Perdana yang dilakukan KJH. Dengan itu, dari usulan rekan-rekan anggota KJH, maka didesainlah kegiatan dengan konsep bernuansa peduli terhadap masyarakat kecil.

Konsep ini diambil karena para jurnalis selain memiliki misi mencerdaskan masyarakat melalui tulisan, wartawan juga memiliki tanggung jawab yang sama menjadi manusia yang berguna bagi manusia yang lain.

Selain itu, HPN tahun 2018 kali ini diharapan wartawan bisa menunjukan yang terbaik dalam profesinya. Yakni, menjalanankan tugas dengan tidak melupakan kode etik jurnalis yang suda ditetapkan dalam koridor yg telah diatur.

Bahkan lebih penting lagi diharapkan kepada perusahan media dapat proaktif dalam mendukung peningkatan kualitas profesionalisme karyawan dalam tugas, dengan cara memberi ruang kepada wartawan untuk ikut Ujian Kompotensi wartawan serta memenuhi sacara profesional hak karyawan guna tercipta wartawan yang bebenar-benar independen.

Pusat kegiatan di desa Mutui yang diambil KJH karena Matui saat ini menjadi wacana publik terkait hadirnya pelabuhan kontener. Dengan itu kehadiran jurnalis agar selain memberi bantuan sembako, kelak matui bisa menjadi perhatian serius pemerintah dalam melihat kekurangan infastruktur pendukung yang belakangan masih kurang di desa tersebut.

Contoh infastruktur yang masih kurang seperti akses jalan hotmix dalam desa serta jembatan menghubungkan ke desa yang belakangan belum sempat dibangun oleh pemerintah mungkin kelak bisa menjadi perhatian pemerintah agar jembatan matui yang suda direamikan bisa normal difungsikan guna berdampak pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih baik.

Menutup sambutan Ketua KJH, Ruslan berterima kasih kepada pihak yang mendukung terlaksana kegiatan pembagian sembako.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah melalui Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, Kapolres Halbar, Kepala Kejaksaan Negeri Halbar, kepala kementerian agama, Kasatpol PP Halbar, ketua KPU Halbat, kepala Desa Matui dan rekan-rekan inteljen yang partisipasinya hingga terlaksana kegiatan perayaan HPN”, ucapnya.

Kades desa Matui Jufri Jamin dalam sambutan penyerahan mengucapkan terima kasih kepada para wartawan yang memusatkan kegiatan pembagian sembako kepada warga masyarakat bantuan.

Karena selain bantuan yang diberi, kehadiran para jurnalis di desa Matui kelak bisa menjadi perubahan karena ada perhatian pemerintah.

Wakil bupati terpisah saat jelang shalat jumat bersama KJH di Masjid Matui mengatakan, partisipasi memberi bantuan kepada masyarakat oleh KJH dapat dianjungi jempol. Karena, bukan besaran bantuan yang dilihat tapi keihlasan dalam meluangkan kesempatan untuk datang dan memberi merupakan hal yang luar biasa.

Karena menurut wakil, banyak orang yang memiliki kelebihan rezki sekalipun sulit datang dan memberi bantuan kepada masyarakat. Untuk itu,  KHJ yang meluangkan waktu untuk datang melihat masyarakat, selaku pemerintah daerah kami mengucapkan banyak terima kasih.

Kegiatan perayaan HPN oleh KJH selain baksos dan pembagian sembako, agenda lanjutkan dengan bersama melaksanakan shalat Jum’at bersama Kepala Kementerian Agama Halbar Drs Idrus dan wakil bupati dengan sekaligus dilanjutkan  pemberian 50 sak semen untuk pembangunan pagar masjid oleh wakil bupati dan KJH. (UK)

Tinggalkan Balasan