Beranda Citizen Journalism Bersih Pantai Serentak di Pantai Kastela

Bersih Pantai Serentak di Pantai Kastela

301
0
BAGIKAN

TERNATE – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan organisasi Pandu Laut Nusantara melakukan aksi nasional bersih-bersih pantai di 73 titik perairan di Indonesia secara serentak, Minggu (19/8), kegiatan ini memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-73.

Di Kota Ternate sendiri, kegiatan bersih-bersih pantai dilaksanakan di Pantai Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Penyelenggara kegiatan di Ternate, dikoordinir oleh 3 unit instansi vertikal dibawah KKP yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, Stasiun Karantina Ikan dan Pengendali Mutu (SKIPM) Ternate, dan Satuan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas PSDKP) Ternate.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta akan pentingnya menjaga pantai dan laut dari sampah. Karena di lautlah terdapat sumber kehidupan dan masa depan bangsa dan anak cucu kita. Jika pantai dan laut tercemar maka habitat, biota dan makhluk hidup yang ada terancam,” ucap Jafar Sahubauwa, Plt. Kepala PPN Ternate.

Menurutnya, Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 250 orang yang terdiri dari pihak penyelenggara, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Kelurahan Kastela, Koramil Pulau Ternate, Polsek Pulau Ternate, SMK 4 Kota Ternate, Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate, Klub Diving dan Freediving Kota Ternate, serta masyarakat setempat.

“Jadi tadi tepat pukul 18:00 WIT, semua peserta bergandengan tangan sepanjang pantai Kastela menghadap ke laut dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semoga masyarakat sadar akan pentingnya pesan pesan yang disampaikan melalui kegiatan serta aksi ini, dan menjadi program rutin yang berkelanjutan,” kata Jafar Sahubawa, yang juga bertindak sebagai koordinator kegiatan. (ZJ)