Beranda Maluku Utara Menghadapi PSU Bawaslu Malut Terjunkan 227 Personil untuk Pengawasan

Menghadapi PSU Bawaslu Malut Terjunkan 227 Personil untuk Pengawasan

85
0
BAGIKAN
Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin

TERNATE – Menghadapi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara (Malut) 2018 di Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu dan enam desa Kecamatan Kao Teluk Kabupaten Halmahera Utara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) provinsi Malut, akan mengerahkan sekitar 227 personilnya.

“Seluruhnya berjumlah kurang lebih 227 orang yang terdiri dari Bawaslu Provinsi, Bawaslu kabupaten dan kota, Panwaslu kecamatan dan pengawas desa serta TPS. Juga mendapat dukungan dari tim khusus pengawasan yang terdiri dari unsur pemantau dan pers,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Malut, Muksin Amrin SH MH usai menutup Rakernis Persiapan Pelaksaan PSU yang berlangsung di Ballroom Muara Hotel, Ternate, Rabu (3/10/2018) siang.

Dirinci Muksin, dari jumlah itu, 21 diantaranya merupakan pengawas provinsi (komisioner dan sekretariat), 61 personil dari empat Bawaslu kabupaten yang mengelar PSU, 12 personil dari Bawaslu kabupaten dan kota diluar daerah PSU, 9 pengawas kecamatan, 90 pengawas desa, dan 82 pengawas TPS (PTPS). Sisanya diback up dari tim khusus yang terdiri kalangan pers dan pemantau Pemilu (KIPP Malut),” jelas Muksin.

Dikatakannya pula, tugas pengawasan sendiri sudah berjalan semenjak pelaksanaan pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Sanana dan Taliabu serta proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih enam desa Kao Teluk.

“Pengawasan akan lebih lebih difokuskan nanti pada saat distribusi logistik ke TPS dan pada saat pemungutan dan perhitungan suara di TPS serta rekapitulasinya. Termasuk melakukan pengawasan agar tidak ada pasangan calon atau tim kampanyenya melakukan kegiatan yang bersifat kampanye atau sosialisasi,” tegasnya.

Diungkapkan Muksin pula, untuk hari H pelaksaan PSU nanti yang digelar pada 17 Oktober 2018, akan langsung dipantau oleh Bawaslu RI. “Anggota Bawaslu Fritz Edward Sirait dan Sekjend Gunawan Suswantoro beserta pengawas dari Bawaslu RI akan turut melakukan pengawasan PSU di tiga kecamatan ini nantinya,” tutup Muksin. (HI)