Beranda Hukrim Tingginya Penyalahgunaan Narkoba, Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Edi Minta Putra Putri...

Tingginya Penyalahgunaan Narkoba, Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Edi Minta Putra Putri Kampus Sosialisasi Bahaya Narkoba

168
0
BAGIKAN
Kepala BNNP Malut Brigjen Pol. Edi Swasono saat menerima kunjungan para Putra Putri Kampus di ruang aula BNNP Malut. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Duta Kreator Maluku Utara bersama Putra Putri Kampus Provinsi Maluku Utara 2019, Selasa 26/11/19 siang mengunjungi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara, di Jalan Tugu Makugawene, Keluarahan Kalumata, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kota Ternate.

Dalam Kunjungan Duta Kreator dan Putra Putri Kampus Maluku Utara, disambut langsung oleh Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Edi Swasono dan didampingi Kabag Umum, Kabid P2M bersama Kepala Seksi Pencegahan dan Kasie Pemberdayaan Masyarakat.

Menurut Sekertaris Duta Kreator, Ibnu, kunjungan ini sebagai silaturahmi karena semenjak terpilih sejak bulan Oktober lalu para putra-putri kampus belum bertandang ke BNNP Malut.

“Setelah para putra putri kampus ini terpilih mereka belum pernah bersilturahmi dengan Kepala BNNP Malut sehingga hari ini kami melakukan kunjungan, dalam kunjungan ini juga kita memperkenalkan Duta Anti Narkoba dari putra putri kampus,” ungkap Ibnu.

Lanjut Ibnu, para milenial berprestasi ini juga akan mengutarakan keinginannya untuk melakukan kolaborasi program Pencegahan Narkoba dengan BNN Provinsi Maluku Utara.

Kepala BNNP Malut dalam kesempatan tersebut menyambut baik keinginan para remaja dengan segudang prestasi ini. Dalam penyampaiannya Brigjen Edi menyatakan keinginan besarnya agar putra-putri kampus lebih aktif karena sesuai hasil survei 27 % dari angka prevalensi 13.181 penyalahguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Maluku Utara terpapar narkoba.

Hal ini menimbulkan keprihatinan karena generasi muda sangat rentan sehingga harapannya duta harus bertanggung jawab dengan mengasah kemampuan dan melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan Narkoba khususnya di lingkungan Kampus.

“Harapan kita minimal dapat menurunkan angka ketergantungan narkoba, apalagi kini era digital, para milenial ini bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau membuat konten vlog semenarik mungkin yang dapat diupload di YouTube, mereka harus berperan sebagai leading untuk membentuk sebanyak- banyaknya relawan anti Narkoba di Kampus”, tegas Kepala BNNP.

Kepala BNNP Malut juga menyampaikan harapannya agar para duta anti Narkoba dari putra-putri kampus dapat berkunjung ke kabupaten Kota Se-Maluku Utara dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan Inpres nomor 6 tahun 2018-2019 tentang Rencana Aksi P4GN, mengingat geografis Malut sangat terbuka sebagai pintu masuk narkoba seperti Morotai dan Kepulauan Sula maupun Taliabu.

Langkah awal menurut kepala BNNP para duta anti narkoba dari putra-putri kampus ini akan dibekali kapasitas tentang pencegahan narkoba, selanjutnya mereka juga akan diikut sertakan dalam sosialisasi Pencegahan Narkoba yang dilakukan bidang P2M BNNP Malut.Hal ini dapat dilakukan dengan menjadikan BNNP sebagai Kampus ke-2.

Selanjutnya, jelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2020, kepala BNNP juga mengharapkan pelibatan penuh mereka.