Beranda Maluku Utara Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Peserta Pilih Turun Kelas

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Peserta Pilih Turun Kelas

768
0
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Ternate, Revien Virlandra. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Kenaikan iuran pada Badan Pemyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat peserta yang sudah ikut keanggotaan sebelumnya melakukan perubahan kelas.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Ternate, Revien Virlandra kepada media, Jumat (10/1/2020) menyebutkan sejak 1 Desember 2019 hingga 9 Januari 2020 (Kemarin-Red) tercatat untuk nomor antrian yang melakukan perubahan kelas sebanyak 210 atau berkisar 400 orang.

“Rata-rata untuk kota Ternate turun kelas,” ucapnya.

Dirinya mengaku untuk perubahan kelas dari kelas 1 turun ke kelas II dan III yakni merupakan peserta mandiri, sebab kebanyakan dari mereka mengeluhkan mahalnya iuran yang dikenakan saat ini.

“Kalau yang turun kelas yang berdampak saat ini yah mandiri, yang lebih banyak memilih untuk turun ke kelas II dan III dengan keluhan iuran yang mahal,” akunya.

Dilihat dari kemampuan, dia mengatakan bahwa rata-rata peserta yang ikut mandiri merupakan warga yang mampu karena pada keikutsertaan BPJS Kesehatan tersebut, warga diberikan pilihan untuk menyesuaikan dengan pendapatannya masing-masing, baik itu kelas I, II atau III.

“Karena kalau mereka kurang mampu pasti akan dibantu oleh pemerintah,” ujarnya.

Disamping itu, dia juga menjelaskan bahwa saat ini BPJS Kesehatan miliki program praktis yakni perubahan kelas tidak sulit, artinya peserta bisa merubah kelas tidak perlu menunggu setahun, namun hanya memerlukan waktu tiga bulan saja tentunya dengan ketentuan peserta tersebut harus terdaftar sebelum 1 Januari 2020 yang diberikan kemudahan waktu hingga 30 Maret 2020.

“Jadi kami memberikan waktu hingga 30 Maret 2020 bagi peserta yang ingin ikut program praktis, asalkan peserta tersebut daftarnya sebelum tanggal 1 Januari 2020, sehingga bisa dilakukan perubahan kelas karena kalau daftar sekarang yah udah gak bisa rubah kelas melainkan sesuaikan langsung aja,” tandasnya. (NN)