Beranda Maluku Utara Berikan Pemahaman COVID-19, RST Kerja Sama dengan Kodim 1505/Tidore Gelar Sosialisasi Kesehatan

Berikan Pemahaman COVID-19, RST Kerja Sama dengan Kodim 1505/Tidore Gelar Sosialisasi Kesehatan

95
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Satuan Kesehatan Rumah Sakit Tentara (Karumkit) Ternate bekerja sama dengan Kodim 1505/Tidore menggelar Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan tentang mengenal corona virus disease-19 (COVID-19) pada Rabu (04/03/2020).

Kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan di Aula Makodim 1505/Tidore diikuti para Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Ibu-Ibu Persit Kodim 1505/Tidore.

Dandim 1505/Tidore Letkol Inf. Cecep Kurniawan dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang di Tidore kepada Tim penyuluh kesehatan, kegiatan ini merupakan program Kesehatan yang harus dilaksanakan.

Tak lupa, Dandim mengingatkan kepada para peserta agar apa saja yang akan disampaikan oleh narasumber perhatikan dengan baik sampai selesai. “Karena ini sangat penting sekali mengenai kesehatan apabila kurang jelas tolong di tanyakan,” tuturnya.

Sementara itu, materi penyuluhan kesehatan disampaikan oleh narasumber Mayor Ckm Agung (Karumkit Ternate).

dr. Agung mengatakan, virus corona adalah jenis virus baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di China dan ke beberapa negara.

”Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS),” ucap dr. Agung.

dr. Agung menegaskan, untuk mencegah Virus Corona tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain, gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama bila beraktivitas di tempat umum.

Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, perlu memastikan untuk memasak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

Selanjutnya, buang tisu ke tempat sampah, jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan. “Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit dan jaga kebersihan benda yang sering disentuh serta kebersihan lingkungan,” katanya.

Tambahnya, serta mengkonsumsi makanan yang seimbang/bergizi, banyak berolahraga dan hindari mengkonsumsi makanan liar serta berhubungan dengan binatang peliharaan. (SS)