Beranda Hukrim Cegah Kelompok Radikal Dandim Tobelo Gencar Sosialisasi di Morotai

Cegah Kelompok Radikal Dandim Tobelo Gencar Sosialisasi di Morotai

727
0

Gamalamanews.com-TERNATE, Seiring dengan meningkatnya gerakan ISIS hingga menduduki Kota Marawi di Filiphina sehingga negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Indonesia meningkatkan keamanan guna mencegah adanya upaya infiltrasi maupun eksfiltrasi dari kelompok maupun simpatisan ISIS di wilayah Indonesia.

Jajaran Kodim 1508/Tobelo melaksanakan berbagai upaya pencegahan salah satunya melalui pendekatan dan sosialisasi terhadap masyarakat yang berada di pedalaman dan perbatasan Kabupaten Pulau Morotai.

Pulau Morotai yang secara geografis terletak di bibir pasifik serta secara historis memiliki jejak hubungan dengan nelayan Filiphina yang pada zaman dahulu sering keluar masuk dan melaksanakan perdagangan dengan masyarakat morotai.

Oleh karena itu Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra yang didampingi sejumlah pimpinan SKPD, Camat dan perangkat desa di jajaran Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai gencar melakukan pertemuan dan sosialisasi bahaya faham radikal serta mengantisipasi adanya upaya infiltrasi dari kelompok tersebut khususnya ISIS dari Marawi Filiphina, desa terluar dan terpisah seperti Pulau Rao, Pulau Ngele-Ngele, Pulau Galo-Galo dan Pulau Koloray.

Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra mengatakan, Dalam setiap pertemuan dengan masyarakat Saya beserta sejumlah pejabat terkait memberikan pemahaman tentang jati diri Bangsa Indonesia yang dibentuk dalam keberagaman suku, ras dan agama serta pentingnya persatuan dan kesatuan antar seluruh komponen bangsa guna mempertahankan NKRI.

“Saat ini Negara kita menghadapi 2 ancaman nyata yaitu yang pertama adalah Faham Komunis dimana sejarah telah mencatat PKI telah melakukan serangkaian pengkhianatan kepada Bangsa dimulai dari Tahun 1926, 1948 dan 1965. Setelah vakum cukup lama saat ini gerakan tersebut telah mulai muncul ke permukaan dan menyusun kembali kekuatan untuk memberontak kepada NKRI serta mengganti Dasar Negara Pancasila menjadi komunis”.

“Mereka sengaja menggiring berbagai opini bahwa Pancasila sudah tidak relevan dengan kehidupan modern. Perlu diketahui bersama bahwa Pancasila disusun berdasarkan semangat dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang merupakan jati diri bangsa, dan Pancasila selamanya akan tetap menjadi Ideologi NKRI yang tak lekang oleh zaman”.

Dandim Menambahkan adanya Faham Fundamentalis yaitu faham yang berdasarkan agama tertentu untuk dijadikan sebagai dasar Negara. Kekalahan kelompok ISIS di Suriah hingga terdesak dan menguasai Marawi di Filiphina dan posisinya saat ini kian terpojok serta berusaha melarikan diri ke Negara-Negara tetangga termasuk Indonesia.

Oleh karenannya Pulau Morotai sebagai wilayah yang berbatasan dengan Negara Filiphina patut diwaspadai sebagai sasaran Infiltrasi dari kelompok ISIS Filiphina, untuk itu kita perlu waspada dan siaga.

Saat ini aparat keamanan tengah meningkatkan pengamanan dengan melakukan patroli di daerah pesisir dan pulau terpencil namun dihadapkan dengan jumlah wilayah yang sangat luas dengan personel maupun alutsista yang terbatas sehingga diperlukan peran serta dari seluruh masyarakat untuk turut serta mencegah wilayahnya disusupi kelompok radikal tersebut.

Dengan cara mewaspadai nelayan-nelayan dari Filiphina, dengan melaksanakan pendataan warga baru dan pendatang, tidak mudah terpengaruh dengan ajaran sesat yang tidak sesuai dengan ajaran agama masing-masing serta melaporkan kepada aparat kemanan baik TNI maupun Polri setiap ada kegiatan yang mencurigakan.

Tambah Dandim, kegiatan sosialisasi di wilayah-wilayah tersebut guna mengantisipasi adanya upaya penyusupan dari kelompok radikal, selain itu kita membangun early warning system sehingga setiap adanya indikasi pergerakan dari kelompok-kelompok tersebut dapat segera terdeteksi dan dapat diambil tindakan segera guna menciptakan wilayah Morotai dan Halut yang kondusif.HI/HR