Beranda Maluku Utara Gebrak Mobling Action di Kelurahan Manggadua

Gebrak Mobling Action di Kelurahan Manggadua

543
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Kerjasama antara Kecamatan Kota Ternate Selatan, Balai POM di Sofifi dan Dinas Kesehatan Kota Ternate, Sabtu (9/9/2017) dalam Program Gerakan Bersama Layanan Pengaduan Konsumen (Gebrak Mobling) akhirnya terlaksana di Kantor Lurah Manggadua Kota Ternate Selatan.

Kegiatan ini, merupakan bentuk layanan informasi tentang obat dan makanan, menerima pengaduan masyarakat, serta mensosialisasikan tugas dan fungsi Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) kepada masyarakat pada 5 Kelurahan di Kecamatan Ternate Selatan, melalui program Gebrak Mobling.

Kepala Balai POM di Sofifi, Dra Sarinah Apt, kepada awak media saat menghadiri Gebrak Mobling di Mangga Dua, mengatakan, program Gebrak Mobling yang dilaksanakan, merupakan upaya Balai POM di Sofifi untuk meminimalisir hambatan-hambatan masyarakat dalam memperoleh informasi terkait tupoksi Balai POM di Sofifi serta membuka layanan pemeriksaan atau sampling pada sejumlah Kelurahan di Kecamatan Ternate Selatan.

“Ini merupakan suatu program kolaborasi antar instansi terkait, dimana ada pihak Kecanatan, Balai POM di Sofifi serta Dinas Kesehatan kota Ternate, sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan program Gebrak Mobling ini,” kata Sarinah yang ditemui usai memberikan pemahaman kepada masyarakat di Kelurahan Mangga Dua.

Menurut Sarinah, selama ini proses tersebut dilakukan dengan cara pihak Balai POM mendatangi lokasi yang dimaksud, mengambil sampel dan kemudian dikirim ke laboratorium di kantor Balai POM. Dengan adanya Gerbak Mobling ini, maka pemeriksaan tersebut dapat dilakukan saat itu juga di lokasi dengan menggunakan peralatan yang tersedia pada Mobling (mobil keliling) yang stay di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

Kegiatan Gerbrak Mobling ini, kata Sarinah, memiliki tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, “karena ini merupakan salah satu dari proyek perubahan dari reformer Alwiyah BSA, yang sedang mengikuti Diklat PIM dan kita sangat sangat mendukung, karena program ini, betul-betul bisa langsung menyentuh atau sampai pada masyarakat paling bawah,” katanya.

Dia berharap, untuk jangka pendek ini, masyarakat pada 5 Kelurahan sasaran, bisa memanfaatkan program ini dengan memberikan informasi-informasi terkait obat dan bahan makanan khususnya pangan yang ilegal.
“Ini akan menjadi kegiatan rutin Balai POM di Sofifi, tahun depan kita akan anggarkan program ini, harapan kita, dalam waktu tidak terlalu lama, program ni bisa dilaksanakan di seluruh wilayah Maluku Utara,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengujian Pangan, Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi, Balai POM di Sofifi, Alwiah BSA, S.Si, Apt, menjelaskan, program Gebrak Mobling yang dilaksanakan melalui kolaborasi, Kecamatan Ternate Selatan, Balai POM di Sofifi serta Dinas Kesehatan kota Ternate, lebih pada memberikan pelayanan yang bersifat langsung, sehingga masyarakat bisa langsung mengetahui berbagai obat dan makanan yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya.
“Melakukan pengujian terhadap kosmetik, bahan makanan serta obat-obatan yang diduga mengandung bahan berbahaya langsung di tempat dengan memanfaatkan program Gebrrak Mobling,” kata Alwiyah.

Program ini, kata Alwiyah, akan dilaksanakan pada 5 Kelurahan di Kecamatan Ternate Selatan, “kita menjadwalkan kegiatan Gebrak Mobling ini di Kelurahan Mangga Dua pada tanggal 9 September, kemudian di Kelurahan Kalumata tanggal 11 September, Kelurahan Bastiong Karance tanggal 13 September, kemudian di Kelurahan Kayu Merah tanggal 16 September dan tanggal 3 Oktober 2017, kita laksanakan di kelurahan Ngade,” ujar Alwiyah BSA, disela-sela pelayanan Mobling di kantor Lurah Mangga Dua.

Kepala Seksi Pengujian Pangan, Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi, Balai POM di Sofifi, Alwiah BSA, S.Si, Apt, menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, serta menemukan hal-hal yang mencurigakan dan perlu disampaikan, agar langsung mendatangi lokasi-lokasi yang telah ditetaplan dalam program Gebrak Mobling atau langsung menghubungi Balai POM di Sofifi dengan alamat, Jalan Pemuda Belakang Kantor DPRD Provinsi Malut di Sofifi, atau hubungi di nomor 081241687878, alamat e-mail: bpom_sofifi@yahoo.com. (Bento)