Beranda Maluku Utara 23 September Fenomena Equinox akan Terjadi, Masyarakat Diharapkan Lebih Bijak

23 September Fenomena Equinox akan Terjadi, Masyarakat Diharapkan Lebih Bijak

363
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Peristiwa tahunan yang biasa disebut dengan Equinox, dimana matahari berada tepat di atas katulistiwa akan terjadi di seluruh Indonesia, termasuk Kota Ternate, Maluku Utara. Peristiwa ini akan menyebabkan naiknya suhu udara hingga mencapai 30 derajat Celsius.

Peristiwa ini biasanya terjadi dua kali dalam setahun, di tahun 2017 ini Equinox pertama terjadi pada tanggal 21 Maret lalu dan 23 September, meskipun ini peristiwa tahunan namun masyarakat Maluku Utara tetap mewaspadai dengan mengurangi aktifitas diluar ruangan.

Mohamad Riva Kepala Seksi Data dan Informasi (KSDI) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Klimatologi Babulah Ternate menyatakan, “fenomena Equinox merupakan fenomena yang biasa terjadi, dalam setahun dua kali terjadi  dimana posisi matahari tepat di garis equator atau katulistiwa.

Ia juga menambahkan agar masyarakat  jangan  jadikan fenomena ini sebagai suatu hal yang luar biasa, agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan kesehatan, lebih baiknya mengurangi aktifitas di luar ruangan.

“Fenomena ini jangan dijadikan sebagai sesuatu hal yang luar biasa, karena terkait dengan cuaca pasti akan  memiliki dampak”, jelas Riva. (HARI)