Beranda Halmahera Barat Digoyang Gempa Sekolah di Halbar Diliburkan

Digoyang Gempa Sekolah di Halbar Diliburkan

431
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – JAILOLO, Akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) pada hari Rabu tanggal 27 September 2017 pukul 22:09:02 sampai dengan hari Kamis tanggal 28 September 2017 pukul 08.00 wit, mengakibatkan aktifitas belajar mengajar di sekolah SD, SMP di Kecamatan Jailolo untuk sementara diliburkan.

Namun SMP 2 Halbar Desa Hatebicara, siswa- siswinya memilih belajar di luar ruangan kelas karena bertepatan dengan semester. Namun  mengingat situasi gempa bumi masih terjadi sampai dengan saat ini akhirnya siswa-siswi dipulangkan  pada pukul 08.00 Wit.

Kabupaten Halbar diguncang gempa bumi dengan hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Ternate menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan kekuatan 2.4 Skala Richter.

Pusat gempa bumi terletak pada 1.03 Lbintang Utara dan 127.39 Bujur Timur, tepatnya di 9 km Barat Daya Jailolo-Malut di kedalaman 6 km, pada hari Rabu tanggal 27 September 2017 pukul 22:09:02, Sampai pada tanggal 28 September 2017 pukul 08.WIT, wilayah Jailolo Kabupaten Halmahera Barat.

Sekertaris BPBD, Yakub Haji, mengatakan dapat diindetifikasi bahwa gempa tersebut dirasakan pada skala II MMI di wilayah Jailolo dan sekitarnya dan sampai sekarang suda mengalami guncangan sebanyak 225 kali guncangan gempa bumi.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini, telah terjadi beberapa kali gempa berkekuatan kecil, dengan rentan waktu antara kejadian yang relatif pendek, namun cukup dirasakan oleh sebagian warga Jailolo terutama di desa-desa di sekitar Gunung Jailolo.

“Dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tsunami”, himbau Yakub. (UK)