Beranda Halmahera Selatan DPRD Minta Pemkab Halsel Perhatikan Pendidikan Daerah Terpencil

DPRD Minta Pemkab Halsel Perhatikan Pendidikan Daerah Terpencil

233
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – LABUHA, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Selatan mengingatkan pemerintah daerah setempat terkait pentingnya fasilitas kesejahteraan tenaga pengajar maupun fasilitas sekolah di daerah terpencil.

Kesejahteran ini sangat perlu diterapkan di Kabupaten Halmahera Selatan, khususnya untuk daerah terpencil, seperti di pesisir Bacan Timur, Bacan Timur Tengah, Dan Bacan Timur Selatan, ini perlu diwujudkan untuk menunjang kemajuan pendidikan sekaligus menyiapkan sumber daya manusia yang handal.

“Maka dari itu hal ini sangat perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Halsel di tahun 2018 dan seterusnya,” kata Arsad Sadik Sangadji, Anggota Komisi II DPRD Halsel.

Ia juga mengatakan, agar pemerintah kabupaten di tahun 2018 ini bisa lebih serius memperhatikan taraf kehidupan guru-guru di pedalaman. Semua ini agar guru-guru yang mengajar di pedalaman dapat termotivasi untuk memberikan pendidikan yang baik dan sesuai standar mutu pendidikan saat ini.

“Jangan sampai guru di daerah pedesaan patah semangat dalam memberikan pendidikan kepada murid-murid yang ada di desa-desa dikarenakan kurang diperhatikannya kesejahteraan hidup para guru di desa terpencil,” tegas Caken, sapaan akrab Arsyad Sadik.

Selain itu, penunjang pendidikan lainnya yang perlu ditingkatkan dan diperhatikan, kata Cakem, yakni fasilitas pendidikan, baik gedung atau pun ruangan kelas sekolah. Pemerintah kabupaten perlu memperhatikan kelayakan bangunan dan fasilitas tersebut.
Ia juga menambahkan, untuk ruang belajar-mengajar, fasilitas buku pelajaran (perpustakan), fasilitas meubel seperti kursi, meja maupun papan tulis, perlu perhatian pemerintah kabupaten.

Dia berharap jangan sampai karena kendala fasilitas ini sehingga menimbulkan turunnya tingkat mutu pendidikan di Kabupaten Halsel.
“Kita sangat mengharapkan agar pemerintah kabupaten dan instansi terkait serius dalam peningkatan kesejahteraan pendidikan, khususnya di daerah-daerah terpencil yang ada di Kabupaten Halsel,” pungkas Kolano Waigitang ini.(Raja)