Beranda Halmahera Barat Nobar Film Pengkhianatan G30S/PKI Dipadati Masyarakat Halbar

Nobar Film Pengkhianatan G30S/PKI Dipadati Masyarakat Halbar

232
0
BAGIKAN

JAILOLO – Masyarakat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu malam, memenuhi lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ) Desa Gufasa Kecamatan Jailolo. Masyarakat yang memenuhi lapangan FTJ ini untuk melaksanakan Nonton Bareng (Nobar) pemutaran film dokumenter peristiwa pengkhianatan G-30S/PKI.

Dimana Nobar tersebut kerja sama antara Bataliyon Yonif RK 732/Banau,  jajaran Koramil-Kodim 1501/Ternate, Kesbangpol Halbar, FKPP dan GFC (Gilolo Funbike Club).

Nobar tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan mengenalkan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda Siswa – siswi (SD, SMP, SMA) serta seluruh elemen masyarakat di Halbar tentang Sejarah Peristiwa Pengkhianatan G-30S/PKI.

Pemutaran film ini dihadiri Kapten Inf Hidayah (Danramil 1501-3/Jailolo) beserta anggota, Kapten Inf Satria Ardiyanta Ibnu Rizal (Kakorum Bataliyon RK 732/B) beserta anggota, AKP Yohanes (Kadat Lantas Polres Halbar), Imbrat Idrus (Kaban Kesbangpol Pemda Halbar), Kasat Pol PP Wawan M.T Ali, Para Kades, toko agama, toko masyarakat, toko adat serta toko pemuda serta seluruh masyarakat Halbar.

Danramil 1501-3/Jailolo Kapten Inf Hidayah menyampaikan terima kasih dari Pihak TNI dalam hal ini Koramil 1501-01/Jailolo dan Bataliyon RK 732/Banau atas bantuan dan kerjasamanya kepada Pemda Halbar yakni Kesbang Linmas, Dinas pendidikan Halbar dan kepada para Kades,  ketua-ketua pemuda, FKPPI, GFC (Gilolo Funbike Club) yang menyurat  memohon ke Koramil Jailolo agar dapat dilaksanakan Nobar film dokumenter G-30S/PKI ini.

Lanjutnya tujuan pemutaran Film Peristiwa Pengkhianatan G-30S/PKI, untuk memberikan gambaran agar jangan sampai peristiwa yang pahit tersebut tidak terjadi lagi dan juga untuk mengingatkan kepada generasi muda Halbar dan seluruh warga agar tidak melupakan sejarah namun pemutaran film ini hendaknya jangan sampai terprovokasi dan terpengaruh terhadap antek-antek PKI. Untuk itu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan NKRI supaya tidak terulang lagi peristiwa seperti waktu lampau.

“Saya berterima kasih atas antusias dan partisipasi masyarakat Halbar serta kerjasama antara TNI/Polri dengan Pemda Halbar sehingga berlangsungnya kegiatan Nobar ini dalam keadaan aman dan lancar”, cetusnya.

Terpisah salah satu masyarakat Rusdi yang turut serta dalam Nobar saat ditanyakan tangapannya Nobar film dokumenter pengkhianatan G-30S/PKI menyampaikan bahwa diharapkan agar ditiap tahun kalau bisa diadakan nobar seperti ini, guna generasi mudah dapat mengenal arti sejarah Negara Republik Indonesia, ungkapnya.(UK)