Beranda Halmahera Barat Baru di Lantik, Dinas Kominfo Diskusi Terkait Kemitraan Bersama KJH

Baru di Lantik, Dinas Kominfo Diskusi Terkait Kemitraan Bersama KJH

858
0

JAILOLO – Dinas Komunikasi dan Informasi Kehumasan dan Statistik Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menggelar diskusi kemitraan dengan Komunitas Jurnalis Halbar (KJH). Diskusi ini dipusatkan di kedai Diva Desa Hatebicara Halbar Kamis, (5/10/2017).

Diskusi yang dipandu oleh Sekretaris Diskominfo Sahmi Salim dihadiri Kepala Dinas Kominfo Chuzaima Kahar, didampingi Kabid Kehumasan Iksan M Nur, Kabid e-Goverment Riski Novaris Boamona, dan sejumlah kepala seksi dan staf.

Chuzaima mengatakan, hubungan kemitraan pemerintah dengan media melalui KJH menjadi program utama internal Diskominfo dalam seratus kerja pertama setelah dilantik untuk memperbaiki sejumlah kendala kemitraan yang mungkin belum dilakukan sebelumnya.

Dengan itu, persoalan yang dibahas bersama dapat diaplikasi guna kemitraan Diskominfo lebih khusus serta Pemda secara umum dengan komunitas para jurnalis dapat berjalan dengan baik untuk kepentingan masyarakat Halmahera Barat sebagai penerima informasi pemberitaan.

Sementara Sahmi Salim dalam kesempatan itu meminta kepada KJH untuk saling membantu menginformasikan berita untuk masyarakat, sebagaimana tugas tupoksi media untuk memberi pendidikan kepada publik. Karena media merupakan salah satu sarana terpercaya yang menjadi komsumsi umum masyarakat.

Selain itu Chuzaima dan Sahmi mengaku kekurangan pelayanan pemerintah terhadap media dalam memberikan informasi kedepan dapat diperbaiki guna kemitraan sehingga berjalan sesuai dengan apa yang dikharapkan.

Sedangkan Ketua KJH Halbar Ruslan Habsy, pada kesempatan diskusi itu mengaku wartawan dalam hubungan dengan pemerintah daerah dalam keterbukaan informasi publik cukup baik saat dalam kepemimpina Bupati Danny Missy dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando.

Ruslan mengharapkan pemimpinan baru di Diskominfo dapat lebih beradaptasi dengan pewarta. Karena masalah pekerja wartawan adalah profesi yang terikat dengan etika yang mungkin sulit digiring sesuai kemauan pihak lain.

“Wartawan itu sangat sulit diatur bahkan hal kecil seperti dipanggil dalam satu pertemuan sekalipun. Tapi dengan pertemuan diskusi perdana Kadis Kominfo dari sejumlah wartawan seluruhnya hadir meski sekalipun ada yang terlambat,” terangnya. (UK)