Beranda Maluku Utara Diskusi “Ngoni Pasti Sukses”, Pacu Inovasi UKM/IKM

Diskusi “Ngoni Pasti Sukses”, Pacu Inovasi UKM/IKM

393
0
BAGIKAN

TERNATE – Untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk serta kapasitas pelaku Usaha/Industri Kecil Menengah (UKM/IKM) di Kota Ternate, Kasi Pemberdayaan Usaha Daerah, pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate, Suryaningsih melalui Inovasi Proyek Perubahan Diklat PIM IV, bekerjasama dengan sejumlah stakeholder, Sabtu (7/10/2017), menggelar acara, “Ngobrol Inspiratif Perkara Strategi Sukses” atau disingkat Ngoni Pasti Sukses, bertempat di ruang pertemuan Ternate Wonder Island (Waterboom) Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan.

Kepala DPMPTSP Kota Ternate, Mahdi Nurdin saat memberikan kata sambutan, mengatakan, kegiatan ini berangkat dari program Proyek Perubahan (Proper) dari reformer, Suryaningsih untuk peningkatan kapasitas pelaku usaha, kualitas, mutu serta berbagi pengalaman untuk para pelaku usaha kecil di Kota Ternate.

“Program Ngobrol Inspratif Strategi Sukses, ini, untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha kecil, sehingga dapat tumbuh dan berkembang besar dan yang telah menjadi besar dapat berbagi pengalaman, antar pelaku usaha,” kata Nurdin di hadapan peserta kegiatan.

Program ini, kata dia, menjadi penting dalam upaya pengentasan kemiskinan, membuka peluang usaha serta mengurangi angka pengangguran, “sebab dalam program ini, para pelaku usaha bisa saling berbagi pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas maupun membuka ruang untuk terus berkembang” katanya.

Mahdi berharap, Proper ini, menjadi program Pemkot Ternate yang berkelanjutan, sehingga para pelaku UKM/IKM di Kota Ternate, semakin berkembang.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum, Setda kota Ternate, Isnainy Pansiradju saat membacakan sambutan Walikota Ternate, memberikan apresiasi dan penghargaan atas program yang dilaksanakan oleh Suryaningsih, salah seorang reformer dalam program Diklat PIM IV Kota Ternate.

Menurutnya, kegiatan ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah, sebab melalui program pemberdayaan dengan pola seperti ini, tentu akan memberikan dampak positif dalam pengembangan dunia usaha di Kota Ternate.

Terpisah, reformer Kegiatan “Ngoni Pasti Sukses”, Suryaningsih berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan diffasilitasi oleh Pemerintah dalam upaya pemberdayaan sektor usaha kecil, karena animo pelaku usaha kecil untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi.

Metode kegiatan, melibatkan 55 peserta yang dibagi dalam 4 kelompok dan dipandu oleh masing-masing mentor, “para mentor ini, adalah pelaku usaha yang dinilai cukup sukses, sehingga dapat berbagi pengalaman dengan pelaku usaha lainnya,” ujar Suryaningsih sembari menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang ikut mendukung program ini.

“Tanpa adanya dukungan dari para pihak tentunya gerakan pemberdayaan berbagi ini tidak dapat berjalan dengan lancar” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta saling berbagi pengalaman untuk menceritakan secara langsung bagaimana caranya untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses dibidangnya masing-masing. “Mereka nantinya akan memberikan tips-tips kepada peserta untuk dapat menjadi wirausahawan yang berkualitas, unggul dan mampu bersaing di era global,” ujarnya.

Melalui acara ini, reformer Suryaningsih berharap peserta dapat semakin termotivasi serta memiliki kreativitas yang tinggi dalam membangun wirausaha, agar, kelak di kemudian  hari semakin menambah angka pelaku wirausaha mandiri dan kreatif di Kota Ternate.

Dalam acara yang mengusung tema, “Membangun Semangat Wirausaha” itu, turut hadir, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Maluku Utara, Direktur BPRS Bahari Berkesan, Kepala Bapelitbangda kota Ternate, Kepala DPMPTSP Kota Ternate, akademisi serta sejumlah pihak yang tergabung dalam FGD Pro Publik dengan konsep Strategi Pemberdayaan Usaha di Kota Ternate.

Selain diskusi, kegiatan juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Dukungan dan Komitmen Bersama Lintas Sektor Pembentukan Forum Komunikasi Pemberdayaan Usaha Daerah. (Bento)