Beranda Maluku Utara WIFT, Korem 152 Babullah Terjunkan Kendaran Tempur Lapis Baja Amankan Presiden

WIFT, Korem 152 Babullah Terjunkan Kendaran Tempur Lapis Baja Amankan Presiden

1293
0

TERNATE – Dalam rangka mensukseskan event Widi International Fishing Tournament (WIFT) tak tanggung-tanggung Korem 152/Babullah akan mengerahkan kendaraan tempur lapis baja yang merupakan salah satu alutsista kebanggaan satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Ranpur Armoured Personnel Carrier atau lebih dikenal dengan ANOA 6 x 6 APC, bikinan PT Pindad Indonesia menamai kendaraan tempur tersebut, merupakan alat Angkut Personel Sedang (APS) dengan kapasitas 3 orang awak kendaraan dan 10 orang penumpang, sehingga sangat efektif digunakan untuk mendukung kegiatan pengamanan VVIP dalam rangka WIFT tahun 2017 di wilayah Korem 152/Babullah.

Adapun spesifikasi teknis kendaraan tempur besutan PT Pindad tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan standart militer maupun fitur-fitur opsional untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI secara optimal.

Peralatan standart ANOA APC sendiri meliputi Winch Capacity 6 ton, Pioneer Set, Pemadam Kebakaran, Penyejuk Udara, Toolkit Pengemudi, Lampu-Peta, Jaring Kamuflase, Hydraulic Rear Rampdoor System, Smoke Grenade Dischargers cal. 66 mm (3 right, 3 left), sementara fitur opsional pendukung meliputi Peralatan Komunikasi (AM, FM Radio dan Intercom Set ; 2 x 12V – 100 Amp baterai), GPS, NVG, Add-on keramik lapis baja Armament dan Remote Control Weapon System/RCWS-Cal 7,62 / 12,7 mm dimana Senjata di bagian belakang adalah Senapan Mesin 7,62 mm.

Panser ANOA ini menjadi produk unggulan dari PT Pindad dikarenakan mutu dan kualitas yang sangat baik dilihat dari sisi teknologi dan kecanggihan yang ada, nama ANOA sendiri diambil dari nama salah satu jenis kerbau asli Indonesia.

Panser tersebut pertama kali diperlihatkan ke publik pada ulang tahun ke-61 TNI pada 5 Oktober 2006 di Markas Besar TNI Cilangkap, semenjak 9 April 2010 sekitar 13 unit ANOA telah digunakan untuk mengawal misi perdamaian PBB di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL. ANOA 6 x 6 maupun 4 x 4 biasa digunakan untuk pengawalan kegiatan-kegiatan penting negara.

Pada 15 November 2011 ANOA varian 6 x 6 yang menggunakan persenjataan Senapan Mesin 7.62 mm digunakan sebagai kendaraan tempur untuk Patroli dan Penjagaan Ring pada acara KTT ASEAN di Nusa Dua Bali. ANOA juga dipakai oleh Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan Presiden RI.

Sementara itu dalam keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito mengatakan bahwa TNI dalam hal ini Korem 152/Babullah siap mengamankan kedatangan Presiden RI dalam rangka event Widi International Fishing Tournament (WIFT) tahun 2017 di wilayah Maluku Utara. (HI/PEN)