Beranda Halmahera Selatan Aspirasi tak Disampaikan, Rakyat Kecewa

Aspirasi tak Disampaikan, Rakyat Kecewa

612
0
BAGIKAN

LABUHA – Janji pemerintah daerah dan Wakil Rakyat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terkait Daerah Otonom Baru (DOB) nampaknya pupus sudah.
Pasalnya, Pemkab dan DPRD berencana satu suara untuk menyampaikan ke Presiden RI jika hadir di Halsel, terkait DOB. Namun hal tersebut tak disampaikan saat perwakilan Presiden melalui Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Rabu, (25/10), kemarin saat membuka WIFT di Pelabuhan Tol Laut Desa Babang.

Hal ini, dikarenakan sampai saat masih ditutup oleh Pemerintah Pusat atas kebijakan Presiden RI, Joko Widodo. Namun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), bakal memperjuangkan percepatan usulan pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) di wilayah kabupaten tersebut.

Soleman kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya beberapa lalu, mengatakan, Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) adalah impian masyarakat Halmahera Selatan (Halsel), khususnya Obi Kepulauan, Kota Bacan dan Gane Raya, maka pihaknya meminta kepada Bupati Halmahera Selatan (Halsel), agar kunjungan Presiden ke Halmahera Selatan ini harus disampaikan ke Presiden.

“Semua tahapan pengusulan telah selesai maka tinggal menunggu kebijakan Pemerintah Pusat melalui mendagri, maka saya (Umar) mengingatkan kepada Bupati agar manfaatkan kedatangan Presiden agar aspirasi pemekaran DOB harus disampaikan,” pinta Umar.

Sementara itu, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait usulan DPRD itu, Bupati mengatakan dirinya bersama seluruh jajaran, akan memanfaatkan kedatangan orang nomor satu di Indonesia untuk menyampaikan percepatan usulan DOB di Halsel seperti pemekaran Kota Bacan, pemekaran Obi Kepulauan serta Kabupaten Gane Raya.

“Kita (Pemda) sudah rencanakan dan siapkan permintaan, baik tertulis maupun lisan saat kedatangan Presiden ke Halsel, karena itu sudah menjadi tugas Pemda Halsel,” janji Bahrain.

Namun hal ini tidak kesampaian.
“Kami hanya butuh komitmen DPRD dan Pemkab untuk sampaikan, namun itu tidak dilakukan, pastinya kami kecewa,” ungkap Malan Suaib, salah satu warga asal Obi.(Raja)