Beranda Halmahera Selatan Bupati Minta SKPD Gunakan Pola Efisiensi Anggaran

Bupati Minta SKPD Gunakan Pola Efisiensi Anggaran

212
0
BAGIKAN

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba, menyampaikan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah, untuk mengunakan pola efisiensi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Rapat koordinasi pimpinan SKPD yang dilaksanakan di Rumah Adat Solo Taman Budaya Kebun Karet Senin,30/10/2017.
Dalam rapat tersebut, bupati menyampaikan bahwa, pengelolaan keuangan daerah saat ini harus menggunakan pola efisiensi, yaitu tidak lagi mempunyai beban hutang.

Dimana pola ini diukur dari program kegiatan yang dilaksanakan harus memiliki output dan outcam yang jelas sehingga kegiatan tersebut ada tindaklanjutnya kepada masyarakat, bukan hanya serimonial.
“Tidak ada lagi kegiatan yang dilakukan hanya serimonial, tetapi kegiatan yang dilakukan harus berimbas kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu bupati juga menekankan beberapa hal yang harus diselesaikan ditahun 2017 ini yakni pembayaran gaji PTT (Pegawai tidak tetap)  selama satu tahun dan tunjangan lainnya. Serta menginventarisir tanah /lahan yang bermasalah untuk segera diselesaikan, sehingga hal ini tidak mengganggu APBD tahun 2018.

Bupati juga menghimbau kepada Dinas Perkim untuk tetap melakukan bersih- bersih dan perawatan taman secara rutin, karena ini sudah menjadi program kegiatan dan tupoksi dari Dinas Perkim, sehingga anggaran diperuntukan kepada SKPD yang memiliki program kegiatan yang jelas.

“Taman dibersihkan bukan karena ada hajatan tetapi ini merupakan tugas rutin,” katanya.
Hal ini dijuga disampaikan kepada Dinas Kesehatan untuk dapat menginventarisir kebutuhan alat kesehatan dalam satu tahun, bukan hanya mengejar kegiatan, sehingga penganggarannya dapat terukur, begitu juga dengan dinas penggenjot PAD diharapkan untuk dapat memaksimalkan pendapat asli daerah.

Bupati juga mengharapkan kepada Dinas Perhubungan untuk secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak Bandara untuk perecepatan proses pembangunan landasan pacu yang berukuran 2500 meter.(Raja)