Beranda Halmahera Selatan Sarapan Sehat Dicanangkan

Sarapan Sehat Dicanangkan

271
0
BAGIKAN

LABUHA – Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim mencanangkan Gerakan Sarapan Sehat serentak bagi siswa Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Bacan Selatan, yang digelar Selasa 14 November 2017 di Sekolah Dasar Negeri 21 Halsel, Desa Gandasuli. Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dalam hal ini Dinas Kesehatan, mendorong kebiasaan sarapan sehat di lingkungan sekolah.

Tujuan yang ingin dicapai dalam gerakan ini adalah mesosialisasikan pentingnya kebiasaan sarapan sehat sebagai salah satu dimensi gizi seimbang dalam rangka turut mewujudkan generasi sehat berprestasi. Peringatan kali ini mengangkat tema Keluarga Sehat, Halmahera Selatan Kuat.

Dalam laporan Ketua Panitia, Faiza menjelaskan kegiatan ini adalah rangkaian dari Hari Ulang Tahun Kesehatan Nasional yang ke-53. “Dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong siswa untuk mengkonsumsi sarapan dengan kualitas yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu Sekertaris Dinas Kesehatan Halmahera Selatan Hj Hasna Muhammad mengatakan kegiatan tersebut adalah kerja sama antara Puskesmas Desa Gandasuli dengan Dinas Kesehatan Halsel. Menurutnya kegiatan ini adalah salah satu pemenuhan indikator Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah.

Kemudian Wakil Bupati Iswan Hasjim dalam sambutannya mengatakan sarapan sehat adalah salah satu pola hidup yang harus diterapkan dalam masyarakat khususnya pada generasi muda.

Menurutnya kemajuan saat ini makanan-makanan yang akan dikonsumsi mengalami pergeseran. Iswan mencontohkan seperti makanan instan saat ini yang menjadi kebutuhan konsumsi setiap hari.
Lanjut Iswan, “Makanan instan ini membuat kita selalu mengkonsumsi setiap saat. Makanan instan tidak susah untuk penyajiannya. Jika tidak diatur sesuai pola yang baik maka secara tidak langsung tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan makanan yang sehat,” jelas Iswan kepada seluruh peserta.

Ia mengatakan pola hidup dan sarapan yang sehat sangat penting. Dalam satu hari sarapan sehat dapat menunjang kemampuan berfikir, bekerja dan melakukan aktivitas fisik secara optimal serta mencegah kekurangan atau kelebihan gizi. “Oleh karena itu, perlu adanya gerakan seperti ini guna menunjang kualitas kesehatan masyarakat, khususnya akan pentingnya sarapan,” katanya. (Raja)