Beranda Hukrim Apel Dandramil dan Babinsa Tahun Anggaran 2017

Apel Dandramil dan Babinsa Tahun Anggaran 2017

714
0

TIDORE – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1505/Tidore Mayor Inf. Sihono, Kamis (14/12/2017) pagi sekira pukul 09.00 WIT mewakili Komandan Kodim 1505/Tidore Letkol Inf. Harrisal Ismail Subing S.Sos, S.IP membuka dengan resmi Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Tahun Anggaran 2017, bertempat di Aula Makodim Tidore.

Pada kesempatan itu, Dandim 1505/Tidore dalam sambutannya yang disampaikan Kasdim, mengtakan bahwa, kegiatan apel Danramil dan Babinsa tahun anggaran 2017 di Kodim 1505/Tidore Tidore merupakan kegiatan program dari komando atas yang dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2017.

“Ini dilaksanakan sebagai sarana evaluasi kegiatan yang sudah dilaksnakan selama tahun 2017 dan penyamaan visi, misi serta persepsi tentang program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Sesuai dengan UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khusunya pasal 7 ayat 2. Dimana disebutkan bahwa tugas pokok TNI adalah operasi militer selain perang.

Pada poin 8 disebutkan yaitu dengan cara memberdayakan wilayah pertahana dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahan rakyat semesta,” jelas Kasdim.

Untuk itu, kata kasdim, tugas dari pada Babinsa sangat kompleks berkaitan dengan lima kemampuan teritorial yaitu kemampuan temu cepat lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah , kemampuan meingkatkan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial.

“Pedomannya lima kemampuan itu, agar tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara terarah sehingga tidak bias dan dapat menyajikan laporan menjadikan informasi yang tepat untuk ditindaklanjuti oleh seorang pimpinan,” tuturnya.

Dandim 1505/Tidore berharap, para Babinsa agar selalu siap mengantisipasi tugas 2018, khususnya dalam hal antisipasi pelaksanaan Pilkada, “Walaupun di Tidore sendiri belum ada pelaksanaan Pilkada, namun di wilayah kodim lain akan dilaksanakan. Olehnya itu, personil Kodim 1505 tidore, tetap siaga tetap siap untuk membantu menciptakan kondisifitas maupun perkembangan insidensial yang terjadi di Maluku Utara, khusunya. Kemudian juga 2018 kita akan menghadapi pemilihan gubernur, tentunya ini menjadi perhatian kita semua antara antisipasi perkembangan yang akan terjadi di wilayah masing-masing dengan mengarah pada hal-hal negatif. Saya kira harus diantisipasi dengan kegiatan-kegiatan teritorial yang tepat,” jelasnya.

Giat apel Dandramil dan Babinsa yang dilaksanakan selam dua hari itu, diikuti sekira 100 anggota Babinsa, dan 8 Danramil di tiga wilayah teritorial Kodim 1505/Tidore, yakni Kota Tidore, Halmaherah Tengah, dan Halmaherah Timur. ( SS)