Beranda Maluku Utara Pemerintahan Bahari Berkesan Jilid 2, rampungkan 222 Kegiatan

Pemerintahan Bahari Berkesan Jilid 2, rampungkan 222 Kegiatan

530
0
BAGIKAN
Landmark salah satu kegiatan yang di selesaikan oleh Pemerintahan Bahari Berkesan Jilid 2 (Foto Kiriman: Risval Tri Budiyanto)

TERNATE – Pembangunan infrastruktur Kota Ternate yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Bahari Berkesan jilid 2, di tahun 2017 hingga nanti di 2018 terus melaksanakan pekerjaan dengan memperhatikan kebutuhan dan masukan dari masyarakat.

Risval Tri Budiyanto kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate Kepada Awak Media, Jumat (29/12/2017) menyatakan, hingga  akhir tahun 2017,  dinas dibawah kepemimpinannya telah menjalankan 222 kegiatan dengan total nilai pagu anggaran yang dikelola sebanyak 140 Milyar.

“Beberapa program yang dijalankan oleh Dinas PUPR, antara lain Program Pembangunan Gedung yang kemudian akan dihibahkan kepada masyarakat seperti rehab dan pembangunan rumah ibadah dan sarana pendidikan, Program Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Program Pembangunan Saluran, Program Pembangunan Talud/Turap/Bronjong di Pulau Ternate, Hiri, Moti dan Batang Dua”, ujar Risval.

Masih kata dia, “Selain itu juga ada Program Penyediaan dan Pengelolaan Air Baku yang kegiatannya membuat bak dan pemasangan pompa air, dan juga Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum dan Air Limbah dimana diadakan jaringan distribusi atau sambungan air ke rumah masyarakat,  juga pembuatan IPAL, septitank individual maupun komunal”, bebernya.

Tidak berakhir di situ saja, beberapa program yang terus berjalan sampai saat ini yaitu  program pengendalian banjir dengan melakukan  normalisasi saluran dan kali mati juga pembangunan saluran yang berfokus pada wilayah rawan banjir seperti pembangunan saluran dan deker di jalan Pahlawan Revolusi.

“Di tahun 2017 ini, PUPR Kota Ternate juga  memiliki program pengembangan wilayah strategis dan cepat tumbuh yang kegiatannya pembangunan pasar modern gamalama dan pasar gamalama baru, revitalisasai pasar bastiong, rehabilitasi Masjid Kesultanan Ternate dan revitalisasi pelataran Sigi Heku yang sudah selesai,” ujar Risval.

Sedangkan untuk tahun 2018, dinas yang dikomandoi Risval Tribudiyanto ini akan memiliki beberapa kegiatan yang diantaranya pembangunan jalan keliling pulau moti, peningkatan jalan lapen ke hotmix di Pulau Hiri, pembangunan lanjutan Pasar Modern Gamalama, Pembangunan Sport Hall, Reklamasi kawasan Kayu Merah–Kalumata dan Pembangunan Apotik dan Laboratorium Kota Ternate. (HT)