Beranda Halmahera Barat KPUD Gelar Coklit Serentak di Halbar

KPUD Gelar Coklit Serentak di Halbar

387
0
BAGIKAN

JAILOLO –  KPUD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih Kepala Daerah (Pilgub) 2018 di wilayah Halbar, pada Sabtu (20/1/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut berbasis Data Potensial Penduduk Pemilih Pilkada / Pemilu (DP4) yang telah diserahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.

Dan kegiatan yang dilakukan secara serentak di Indonesia ini, dibagi dalam tiga zona, yakni zona I yang terdiri dari Kecamatan Jailolo dan Jailolo Selatan (Jalsel) zona II Kecamatan Sahu, Sahu Timur dan Ibu Selatan, smentara Zona III terdiri dari Kecamatan Ibu, Tabaru dan Kecamatan Loloda.

Dimana tim Coklit zona I langsung menuju beberapa desa, diantaranya, Desa Gamtala dan melakukan Coklit di rumah Thomas Salasa (Ketua Adat), dan Jonathan Sowo (Tokoh Masyarakat). Kemudian melanjutkan ke Desa Marimbati dan bertemu Tokoh Masyarakat, Achmad Noho.

Kegiatan dilanjutkan di Kediaman Bupati Desa Acango dan bertemu langsung Istri Bupati. Dan dilanjutkan di kediaman mantan Wabup Halbar Husen Abd Fatah.

Salah satu Komisioner KPUD Halbar, Ramla Hasyim, dalam penyampaiannya saat melakukan coklit, mengatakan, Maksud dan tujuan kedatangan kami ke rumah-rumah guna memastikan kebenaran data pemilih sesuai dengan kartu keluarga (KK) dan sudah ada dalam DPT atau belum.

“Tujuannya sebagai langkah kesiapan kami menjelang pemilu,” katanya.
Lanjutnya, usai melakukan pengecekan data akan dilakukan penempelan stiker sebagai tanda telah dilakukan coklit dirumah yang bersangkutan.

“Sementara TPS untuk pemilih, akan diinformasikan oleh petugas pemutakhiran data pemilu (PPDP) wilayah kecamatan masing-masing (Jailolo)”, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni, Komisioner KPU Malut Kasman Tan, Bawaslu Malut Nurahma dan Fahmi Jamaludin, Ketua Panwaslu Halbar Aknosius Datang, Komisioner Panwalu Halbar Miftahudin Yusuf, Sugandi Hi. Gani (Komisioner Panwalu Halbar), Rusdi Yaman, SH (Sekretaris KPUD Halbar), dan PPDP Kecamatan Jailolo.(UK)