Beranda Maluku Utara Atasi Sampah, Kendaraan Pengangkut Sampah Ditambah

Atasi Sampah, Kendaraan Pengangkut Sampah Ditambah

278
0
BAGIKAN
Tampak anak-anak tengah asyik bermain meski ada sampah disekitar mereka

TERNATE – Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Lingkungan Hidup, tahun 2017  telah mengadakan kendaran pengangkut sampah sebanyak 18 Unit 3 diantarannya adalah truk, 1 unit Ambrol dan 14 unit Kaisar.

“Tahun 2018 belum ada pengadaan tetapi pengadaan terakhir yakni 3 unit truk dan 1 unit ambrol kaisar 14 unit, itu saya sudah sebar luaskan ke kelurahan-kelurahan,” ujar  Kadis DLH Mansur Abdurahman, Senin (22/1/2018).

Menurutnya, hal itu sudah jadi tanggung jawab, kelurahan nanti dimana ada gang yang mobil truk pengangkut sampah tidak bisa masuk, itu kaisar yang suport dan pembiayaannya juga tanggung jawab kelurahan termasuk perawatannya.

“Karena itu nanti kita serahkan dan pengalihan aset, seperti halnya di Jawa tidak serta merta-merta di dinas tetapi disebarluaskan di Kelurahan,” tambahnya.

Penyebaran kendaraan pengangkut sampah ini tersebar di beberapa kecamatan, yakni Ternate Selatan 5 unit, Ternate Tengah 4 unit,
“Kalau dari wilayah selatan itu kita sudah menyiapkan transkepo yang ada di Bastiong, nantikan dikumpul disitu, setelah itu baru kita punya mobil dump truk yang besar akan angkut”, jelasnya.

Masih kata Mansur, Alhamdulillah ada perubahan, tapi ini masi tahap membutuhkan sosialisasi mudah-mudahan supaya ke depan masyarakat juga lebih paham, sehingga pada gilirannya nanti bisa terakomodir karena inikan barang baru, tapi sudah mulai jalan.

“Yang jelas semua unit sudah dioperasikan, jadi ini tanggung jawab sepenuhnya kelurahan, terkait dengan pembiayaan apakah lewat iuran per bulan berapa, kita sudah tidak tahu karena sudah diserahkan kepada kelurahan, jadi kelurahan, RT dilibatkan disini,” pungkasnya. (HT)