Beranda Maluku Utara Targetkan Adipura Pemkot Ternate Terus Berbenah

Targetkan Adipura Pemkot Ternate Terus Berbenah

538
0
BAGIKAN
Tugu Adipura, Foto : Harianto Teng

TERNATE – Setelah gagal meraih Adipura di tahun 2016, tahun ini Pemerintah kota Ternate, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  kota Ternate, terus berupaya agar di Tahun 2018 Pemkot dapat meraih piala Adipura.

Kepala DLH Pemkot Ternate Mansur Abdurahman Selasa (23/1/2018), mengungkapkan bahwa dalam persiapan Adipura tahun 2018 hingga saat ini sudah dilakukan tahapan satu, berupa persiapan pengadaan angkutan sampah juga merupakan dukungan untuk menjadi Kota lebih bersih dengan fasilitas yang telah disediakan.

Sementara itu, persiapan kedua nanti dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, “Tahapan kedua nanti dipersiapakan pada bulan Mei, banyak hal yang harus disiapkan”, singkatnya.

Oleh karena itu,  untuk persiapan dalam meraih Adipura pada tahun 2018 ini,  banyak hal yang akan dipersiapkan terutama pada penataan kebersihan. Lanjutnya,  untuk kebersihan sendiri tidak hanya kerja keras DLH sendiri, namun membutuhkan kerjasama dengan pihak masyarakat juga sehingga segala sesuatu yang nantinya direncanakan itu dapat berjalan dengan baik. “Dinas Kebersihan tetap melaksanakan kegiatan yang sebagai mana mestinya, namun yang menjadi ujung tombak itu masyarakat”, harapnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan Ternate sebagai kota sadar sampah, maka bukan hanya dinas terkait saja yang dilibatkan namun semua elemen masyarakat, karena penghargaan Adipura itu, bisa diperoleh jika seluruh masyarakat mempunyai tingkat kesadaran untuk diri sendiri, yang artinya masyarakat sadar akan pembuangan sampah pada tempatnya maka hal-hal ini yang menjadi ukuran. “Untuk mendapatkan penghargaan Adipura, semua sektor harus dilibatkan termasuk seluruh masyarakat”, tandasnya.

Penghargaan Adipura itu yang menjadi tolak ukur yang pertama adalah kebersihan terutama pada tempat umum, untuk itu sudah seharusnya seluruh masyarakat mempunyai kepedulian yang sama dalam mendukung hal ini. (HT)