Beranda Maluku Utara Reklamasi Kayumerah-Kalumata Sudah Mulai di Kerjakan

Reklamasi Kayumerah-Kalumata Sudah Mulai di Kerjakan

1064
0
BAGIKAN

TERNATE – Pekerjaan pembangunan reklamasi kayumerah-kalumata, Ternate Selatan yang di lakukan Pemerintahan Bahari Berkesan Jilid II melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate telah dilakukan dan masih dalam tahapan pengangkutan batu.

“Pada tahapan pekerjaan reklamasi Kayumerah dan Kalumata sedang dalam proses pengangkutan batu dan sudah mulai berjalan. Jadi  saat ini masih dalam proses pengumpulan batu, jika itu sudah selesai maka kita akan masuk pada tahapan pembangunan,” ujar  Kepala Dinas PUPR  Risval Tribudiyanto,  Selasa (6/2/2018).

Kata Kadis, perlu persiapan dan penghitungan untuk pengangkutan batu tersebut agar tidak terlalu jauh dari  lokasi, karena semakin jauh pengambilan material maka dapat menggangu akatifitas  jalan untuk masyarakat.

Untuk  antisipsi masalah tersebut pengambilan batu bakal dipusatkan dekat dengan tempat relokasi seperti Kalumata. “Yang paling utama adalah pengumpulan batu,  yang sementara dilaksanakan, karena tidak mungkin kita melakukan pelaksanan satu atau dua kubik dibawa kemudian cari lagi tidak bisa seperti itu,” ujarnya Kadis PUPR.

Semata itu untuk persiapan material itu sendiri “Berdasarkan uji amdal kemarin itu, material harus diambil ditempat terdekat dengan tujuan agar dapat meminimalisir gangguan seperti debu jalanan, karena jika diambil dari tempat yang jauh otomatis semakin panjang efek yang diakibatkan oleh debu”, jelasnya.

Jadi  rencana pengambilan material seperti batu dan lainnya bakal diambil di Kalumata, karena bagaimanapun seaman-amannya mobilisasi tetap akan munculnya gangguan,  sehingga meminimalisir seminim mungkin apalagi  reklamasi yang dikerjakan itu berkisar 80 x300.

“Untuk lokasi reklamasi sendiri sekitar 80 x 300 lebih luas reklamasi Kayumerah dan Kalumata, sementara sedang berjalan,”tutup Risval. (HT)