Beranda Halmahera Barat KPUD Halbar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi

KPUD Halbar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi

236
0
BAGIKAN

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Halmahera Barat (Halbar), melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administrasi serta verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 pada Kamis (8/2/18) di aula kantor KPUD Halbar.

Ketua KPUD Halbar Abjan Raja saat di wawancara di ruangan kerjanya  usai rapat pleno terbuka mengatakan, penelitian dan administrasi peserta partai politik pada 2019 nantinya menjadi kompotiter pada 2019.

Tetapi kami masih menunggu hasil keputusan KPU RI menetapkan partai-partai tersebut,  akan tetapi kami setelah melakukan pleno untuk 15 partai politik yang ikut dalam pemilu 2019 di antaranya partai lama 12 dan partai baru 3 partai.

“Setelah kita melakukan rapat pleno internal, disitu kami lihat dari hasil ferifikasi, administrasi, verifikasi faktual, dan dari sekertariatnya apakah memenuhi sarat atau tidak. Karena   sesuai dengan undang -undang No 7 maupun PKPU No 6  teryata 15 partai di ini  nyatakan memenuhi sarat (MS), akan tetapi ada satu partai politik  yang tidak memenuhi syarat yakni partai PSI”, ungkap Abjan.

Lanjutnya memang partai PSI  mereka datang menyampaikan datanya KPUD tetapi saat KPUD melakukan verifikasi faktual, partai PSI tidak bisa menunjukan dokumen-dokumen yang sudah di masukkan ke KPUD, sehingga KPUD mengatakan partai PSI  dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

“Itu artinya pada 2019 partai tersebut tidak bisa ikut dalam pemilihan pada 2019 selain 15 partai yang lolos yang menjadi kompotiter dan  ikut dalam pemilihan 2019 di Halbar. Jadi untuk partai lama semuanya di nyatakan memenuhi sarat (MS), cetus Abjan Raja. (UK)