Beranda Maluku Utara Pasar Rempah akan Dibangun Tahun Ini

Pasar Rempah akan Dibangun Tahun Ini

477
0
BAGIKAN

TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate tahun ini akan membangun Pasar Rempah di Kelurahan Kota Baru.

Kepastian pembangunan itu setelah dana tugas pembantuan dikeluarkan Kementerian Perdagangan pada Kamis (1/3) kemarin.

Dana tugas pembantuan yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan sebesar Rp 6 Miliar dan langsung diserahkan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate Nuryadin Rachman sekaligus disaat yang sama juga dilakukan penyerahan Pasar Bahari Berkesan pada sisi utara Pasar Higienis yang dibangun pada 2017 lalu kepada Pemkot Ternate.

Kepala Disperindag Kota Ternate Nuryadin Rachman mengatakan, pembangunan pasar rempah-rempah di Kota Baru tahun ini diusulkan melalui dana tugas pembantu pada awal 2018 ini dan mulai dikerjakan pada April mendatang.

Proses pekerjaannya juga menunggu rapat bersama dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). ”Setelah itu baru kita lakukan tender, soal perencanaan sudah kami siapkan tinggal dilakukan pembangunan saja, kalau sudah ada pemenang tender, April mendatang sudah mulai dikerjakan,” katanya.

Pasar tersebut tambah Nuryadin, rencananya akan menampung seluruh pedagang rempah, baik di dalam Kota Ternate maupun di luar Kota Ternate.

Pedagang rempah-rempah yang sebelumnya menempati lokasi dalam Benteng Oranje juga akan dipindahkan ke pasar tersebut. ”Ternate belum ada pasar rempah-rempah, jika sudah selesai dibangun nanti seluruh pedagang rempah akan kami arahkan ke pasar itu,” terang Nuryadin. (HT)