Beranda Maluku Utara Pemkot Ternate Buka Seleksi CPNS

Pemkot Ternate Buka Seleksi CPNS

1725
0
BAGIKAN
Kepala BKDSDM Kota Ternate, H. Junus Yau

TERNATE – Kabar baik datang dari Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, yang akan melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bulan Juni mendatang. Pelaksanaan seleksi CPNS di kota Ternate, berdasarkan petunjuk pemerintah pusat tentang pengadaan CPNS tahun 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Ternate, H Junus Yau Rabu (28/3/2018), menjelaskan, setelah menerima petunjuk dari pemerintah pusat tentang pengadaan CPNS, Pemkot melalui BKPSDM telah menyampaikan usulan formasi kebutuhan CPNS di kota Ternate.

Junus mengaku, usulan tersebut, telah disampaikan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Usulan tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat dan kita yakin, usulan formasi yang kita sampaikan akan diterima, sebab kota Ternate memang masih membutuhkan banyak tenaga guru, kesehatan dan tenaga tekhnik,” kata Junus yang ditemui di ruang kantornya.

Dijelaskan, berdasarkan usulan formasi yang disampaikan Pemkot kepada pemerintah pusat, ada 178 kuota dengan rincian kebutuhan tenaga tekhnis 20 orang, tenaga kesehatan 73 orang dan tenaga pendidikan atau guru 85 orang.

“Berdasarkan edaran Mempan, untuk tenaga tekhnis ini, terbatas pada tenaga fungsional dan tenaga tekhnis pendukung pembangunan, jadi tidak ada sarjana lain, hanya tenaga tekhnik dan fungsional,” kata Junus seraya menyebut tenaga fungsional yang dimiliki Pemkot hanya ada di Inspektorat.

Junus menambahkan, formasi yang dibuka untuk tenaga tekhnis antara lain, auditor ilmu farmasi 1 orang, akuntan 1 orang, tekhnik sipil 14 orang sedangkan sisanya sarjana tekhnik.

“Lalu, untuk tenaga guru, formasi yang dibutuhkan guru bimbingan konseling 4 orang, pendidikan seni rupa 3 orang, seni tari, guru agama Islam, guru pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, guru olahraga, guru matematika, pendidikan geografi, pendidikan ekonomi, pendidikan sejarah atau guru IPS terpadu, lalu pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, pemdidikan bahasa Inggris dan PGSD 20 orang,” jelas Junus.

Untuk tenaga kesehatan, Junus merinci, formasi yang dibutuhkan terdiri dari, dokter umum 5 orang, dokter gigi 2 orang, S1 farmasi 7 orang, D3 anasilis kesehatan 9 orang, D3 kesehatan lingkungan 8 orang, Sarjana Kesehatan Masyarakat/Kesehatan Lingkungan 1 orang, S1 ilmu keperawatan NERZ 2 orang dan D3 ilmu keperawatan 11 orang, D3 kebidanan 10 orang, D3 keperawatan gigi 3 orang, Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) jurusan epidemiologi 4 orang, SKM jurusan administrasi atau AKK 5 orang, SKM jurusan promosi kesehatan 2 orang, D3 gizi 1 orang, D3 fisioterapis 2 orang dan D3 radiografer atau penata rontgen 1 orang.

“Untuk formasi kesehatan, total ada 73 orang, dengan demikian maka total kuota CPNS untuk kota Ternate, sebanyak 178 orang yang disampaikan Pemkot Ternate kepada pemerintah pusat melalui Kemenpan RB,” pungkas kepala BKPSDM kota Ternate, Junus Yau. (Aba)