Beranda Maluku Utara Panwaslu Tidore Pastikan Siap Kawal Pilkada 2018

Panwaslu Tidore Pastikan Siap Kawal Pilkada 2018

545
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 akan dilangsungkan secara serentak pada 27 Juni 2018 mendatang. Tentunya, dalam hal kesipan, Panwaslu Kota Tidore Kepulauan telah menyatakan siap mengawal dan mengawasi pesta rakyat ini.

Sebagaimana ditegaskan oleh Kordinator Devisi Hukum Panwaslu Kota Tidore Kepualauan, Bahrudin Tosofu SH, kepada media ini di ruang kerjanya, Sabtu (23/06).

“Pengawas Pemilu dari Kota hingga Pengawas TPS sudah siap mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2018 nanti. Pengawas Pemilu sudah terbentuk hingga tingkat kelurahan, tinggal pengawas TPS yang dibentuk menjelang pemungutan suara,” kata Kudin.

Selain memaparkan kesiapan secara kelembagaan, Kudin juga mengutarakan kesiapan secara teknis, dimana Panwaslu lebih mengedepankan pencegahan.

Panwaslu, kata Kudin, terus melakukan sosialisasi maupun kordinasi bagaimana peserta Pilkada, sehingga masyarakat bisa menolak politik uang dan menghindari serta melawan isu SARA dan kecurangan di TPS.

Selain itu, Panwaslu kota Tidore kepulauan sudah mepetakan titik rawan TPS yang nantinya menjadi proritas pengawasan baik panwas maupun pihak berwenang.

Kudin juga menambahkan, pihaknya juga terus melakukan kerja sama baik dari unsur pemerintah, lintas agama, pihak-pihak terkait, dan stakeholder lainnya dalam rangka mewujudkan Pilkada yang demokratis, khususnya di kota Tidore kepualauan ini.

“Intinya Panwaslu sudah sangat siap dalam mengawal dan mengawasi proses Pilkada 2018 nanti. Panwaslu akan pastikan Pilkada 2018 nanti berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang mampu mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” ujar Kudin.

Ditambahkannya pula, bahwa selain yang telah dilakukan tersebut hal penting lainnya adalah peran serta masyarakat dalam ikut mengawal Pilkada nanti. Masyarakat harus bergandengan tangan dengan Panwaslu maupun KPU.

“Ini kan pesta mereka (rakyat). Mereka yang punya kepentingan untuk kemajuan daerahnya. Untuk itu masyarakat ini harus secara aktif ikut mengawal dan memastikan proses Pilkada nanti berjalan sesuai yang mereka harapkan,” terang Kudin. (SS)