Beranda Halmahera Barat Panwaslu Halbar Gelar Apel Siaga dan Patroli Bersama

Panwaslu Halbar Gelar Apel Siaga dan Patroli Bersama

347
0
BAGIKAN

JAILOLO – Panitia Pengawasan Pemilu Kabupaten Halmahera Barat melakukan apel siaga dan patroli bersama dalam rangka pengawasan pemungutan dan perhitungan surat suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara Tahun 2018 di depan Kantor Panwaslu Kabupaten Halmahera Barat pada Selasa (26/6/2018).

Apel tersebut di hadiri oleh Ketiga Pimpinan Panwaslu Halbar, Sekertaris Panwaslu Halbar, Komisi Independen Pemilu (KIP) Provinsi, Polres Halbar, Kejari Halbar, Danramil Halbar, Satpol PP,  Panwascam dan Panwas Desa se-Halbar.

Ketua Panwaslu Halbar Aknosius Datang membacakan sambutan Banwaslu Provinsi Malut menyebutkan, “Bahwa apel siaga ini semata-mata bertujuan untuk melakukan konsolidasi internal jajaran pengawas pemilu dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan bahkan tingkat desa dan menunjukkan kesiap kesiagaan kita sekalian untuk melakukan tugas yang mulia sebagai amanat yang di emban sebagai Negara Republik Indonesia terhadap seluruh jajaran pengawas pemilihan Umum dalam rangka bersama rakyat kita mengawal proses dan menegakkan dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara pada Tahun 2018”, ungkapnya.

Lanjutnya, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang selanjutnya di sebut sebagai pemilihan pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah provinsi untuk memilih gubernur dan wakil gubernur secara lansung dan demokratis, sebagaimana yang diamanatkan dalam azas pemilihan umum yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Maka hal tentu rakyatlah di beri hak secara hak konstitusi untuk menyalurkan hak politiknya bebas, tanpa perlu ada tekanan dan paksaan oleh siapapun, semua itu adalah kehendak rakyat yang harus dihormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kerahasiaan demi terlaksananya pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur yang Demokratis”, terangnya.

“Perlu saya ingatkan beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan pada saat pemungutan dan perhitungan surat suara nanti diantaranya, memastikan proses pemungutan suara  berjalan sesuai dengan tahapan yang berlangsung, memastikan proses perhitungan secara terbuka dan transparan, memastikan hak warga negara dapat disalurkan haknya, dan setelah apel siaga ini saudara saudari agar melakukan patroli pengawasan dan pemilihan dan berupaya mendorong partisipasi pemilih untuk hak pilihnya pada hari esok Rabu 27 Juni 2018”, tutup Aknosius. (UK)