Beranda Maluku Utara Portal KPU Malut Diretas, Suara AHM-RIVAI Tiba-Tiba Turun

Portal KPU Malut Diretas, Suara AHM-RIVAI Tiba-Tiba Turun

4763
0
BAGIKAN
Dihacker, data di situs KPU Malut sempat berubah

TERNATE – Situs portal Komisi pemilihan umum (KPU) Maluku Utara (Malut), sempat menjadi percobaan hacker yang sengaja meretas website KPU dengan merubah angka perolehan suara sementara yang sudah terdata diangka 99.49%.

Dari ulah hacker tersebut, menyebabkannya perubahan angka perolehan suara.

Sehingga suara pasangan calon (paslon) nomor urut satu Ahmad Hidayat Mus dan Rival Umar (AHM-RIVAI) tiba-tiba turun dan berada ke posisi kedua dengan angka 29.84%, sedangkan paslon nomor urut tiga Abdul Gani Kasuba dan M Ali Yasin (AGK-YA) naik ke posisi pertama dengan angka 32.48%

Komisioner KPU Malut, Kasman Tan Jumat (29/6/2018) kepada awak media mengatakan, data yang diretas sudah dapat dinormalkan kembali.

Data resmi yang berada di situs resmi KPU Malut

“Jadi kami sampaikan terkait dengan aplikasi KPU yang tadi sempat berubah, menurut pencermatan kami ada hacker yang meretas aplikasi KPU, artinya merubah data resmi kami, karena kondisi itu untuk sementara itu kami hendak hentikan agar tidak menjadi masalah”, ucapnya.

“Jadi kepada masyarakat yang ingin melihat hasil perolehan sementara, langsung saja ke website resmi KPU infopemilu.kpu.go.id ” tambahnya. (HH)