Beranda Halmahera Barat Kominfo Halbar : Foto Viral Mirip Bupati Itu Foto Editan, Sengaja Dibuat...

Kominfo Halbar : Foto Viral Mirip Bupati Itu Foto Editan, Sengaja Dibuat Untuk Memojokkan Bupati Halbar

579
0
BAGIKAN
Kadis Kominfo Halbar

JAILOLO – Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Halbar, Chuzaemah Djauhar mengatakan, foto yang sengaja di posting oleh salah satu akun FB tersebut adalah foto hasil editan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Foto editan yang sengaja diviralkan dengan tujuan memojokkan Bupati Halbar,” terang Chuzaemah, di Kantor Bupati, Rabu (1/8/2018).

Chuzaemah, mengaku beberapa media mengangkat foto hoax tersebut sebagai bahan pemberitaan, yang jika dicermati konten atau isi berita yang ditulis beberapa media online menyalahi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik karena tanpa konfirmasi dan keberimbangan berita.

“Kesimpulan kami, media-media itu turut menyebarluaskan informasi hoax dan sudah tentu ikut memfitnah dan memojokkan Bupati Halbar,” imbuhnya dengan nada kesal.

Dinas Kominfo lanjut Chuzaemah, sudah menyiapkan langkah-langkah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalis ke Dewan Pers.

Chuzhaemah juga meminta Masyarakat Halmahera Barat dihimbau cerdas dalam menilai sebuah berita yang dipublis media.

Pasalnya dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi, segala sesuatu yang beredar didunia maya baik itu berupa foto, video dapat dimanipulasi menggunakan teknologi digital. (UK)