Beranda Maluku Utara Hasil Tes 60 Calon Anggota Bawaslu Jumat Besok Dibawa ke Bawaslu RI

Hasil Tes 60 Calon Anggota Bawaslu Jumat Besok Dibawa ke Bawaslu RI

696
0
BAGIKAN

TERNATE – 60 calon anggota Bawaslu kabupaten kota se Provinsi Maluku Utara, sejak Rabu-Kamis (8-9/8) menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di kantor Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

Dimana, pada hari pertama, 5 komisioner Bawaslu Malut melakukan FPT untuk calon anggota Bawaslu Malut di lima kabupaten, disusul lima kabupaten kota dihari kedua.

“FPTnya selama dua hari, sejak Rabu sampai Kamis,” ungkap Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin.

Setelah selesai tahapan FPT, Bawaslu Malut tidak memerlukan waktu lama untuk membawa hasil 60 calon anggota Bawaslu kabupaten kota ini ke Bawaslu RI. Pasalnya, Bawaslu Malut Jumat besok 10 agustus hasilnya di bawa ke Bawaslu RI.

“Besok langsung kita bawah hasilnya ke Bawaslu RI,” sebutnya.

Menurut Muksin, Bawaslu Malut menyodorkan 60 nama ke Bawaslu RI ini disertai dengan akumulasi nilai mulai dri tahap awal sampai FPT, “Kita tidak urutkan tapi kita hanya sodorkan berdasarkan nilai, nanti Bawaslu RI yang menentukan siapa yang terpilih,” jelasnya.

Sesuai jadwal, lanjut Muksin, Selasa (14/8/18) Bawaslu RI akan mengumumkan hasil, dilanjutkan pada tanggal 16 Agustus dilakukan pelantikan secara serentak.

“Karena tanggal 14 itu pengumuman Bawaslu RI, lanjut 16 itu pelantikan. Maka, tahapannya kita percepat. Tidak menunggu lama hasilnya kita langsung bawah ke Jakarta,” urainya.

Sementara itu, satu nama calon anggota Bawaslu Kabupaten Taliabu yang belum cukup umur akan diberi catatan ke Bawaslu RI.

“Namanya tetap kita kirim ke Bawaslu RI tapi ada catatannya sehingga menjadi pertimbangan Bawaslu RI kalau yang bersangkutan belum memenuhi syarat,” tandasnya. (RLS/HI)