Beranda Maluku Utara Mulai Tahun Ini Kades di Morotai dapat Tabungan Pensiun

Mulai Tahun Ini Kades di Morotai dapat Tabungan Pensiun

249
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Nursina Kadir.

MOROTAI – Ada kabar gembira di tahun 2018 ini buat seluruh para Kades yang ada di lima kecamatan Kabupaten Pulau Morotai. Bagimana tidak, para kades akan diberikan tabungan pensiun.

Ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Nursina Kadir, saat dikonfirmasi media ini, Kamis (30/8).

Ia mengaku, jika pembiayaan tabungan pensiunan Kades, dialokasikan melalui DD. ”Jadi per kades itu mendapat Rp 300 ribu. Untuk totalnya itu saya lupa, tapi sudah ada di APBDes. Namun untuk total per tahun, tinggal dikalikan saja. Praktis dalam setahun, per kades bisa mendapatkan tabungan sebesar Rp 21 juta,” terang Nursina.

Hanya saja, untuk saat ini, tabungan pensiun hanya diperuntukkan bagi kades aktif, yakni sebanyak 78 kades. Sebab, sisanya 10 Kades massa jabatan mereka sudah berakhir terhitung 1 Juni kemarin. Sehingga sebanyak 74 Kades yang massa jabatannya masih ada mereka bisa mendapatkan tabungan pensiun yang sama, saat Pilkades serentak di 2019 mendatang.

”Tapi selain itu, laporan pertanggungjawaban DD juga harus menjadi perhatian desa,” tandasnya.

Sekadar diketahui, 10 kades yang masa jabatannya telah berakhir sejak 1 Juni kemarin, yakni desa Darame, Gotalamo, Dehegila, Buho-Buho, Wewemo, Bere-Bere, Posi-Posi Rao, Usbar Pantai, Pangeo serta Libano. (Ical)