Beranda Nasional Rekrutmen CPNS 16-20 September

Rekrutmen CPNS 16-20 September

961
0
BAGIKAN

JAKARTA – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RI) berencana bakal membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018 pada tanggal 16-20 September mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana saat melakukan jumpa pers di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (6/9/2018) sebagaimana dikutib dari serambinews.com.

Dikatakannya, belum ada tanggal pasti soal pendaftaran CPNS tersebut. Namun dirinya memprediksi bahwa akan dua pekan dari sekarang.

“Pendaftaran kami berharap kalau sekarang tanggal 6, ya katakanlah antara tanggal 16 hingga 20 September 2018. Namun, pendaftaran bisa dimulai kalau data semua sudah bisa masuk,” kata Bima.

Agar dalam pendaftran nanti berjalan dengan lancar sehingga meminimalisir masalah yang terjadi, Bima menghimbau kepada masyarakat yang ingin mendaftar sebagai CPNS untuk melakukannya diawal waktu.

“Pendaftaran ini nantinya kan hanya dua minggu dan kami menyarankan untuk daftar pertama kali, bukan yang terakhir karena nanti pasti akan terjadi traffic sangat padat,” terang dia.

Untuk diketahui, jumlah kuota secara nasional yang disiapkan dalam pendaftaran CPNS nanti sebanyak 238.015. Terdiri dari kuota Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota.

“Kebutuhan PNS secara nasional adalah 238.015, jumlah tersebut terdiri dari 51.271 posisi untuk PNS di instansi pemerintah pusat dan 186.744 untuk PNS di instansi pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota,” kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Syafruddin dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (06/09).

Dijelaskannya pula, kebanyakan posisi yang tersedia itu adalah untuk menggantikan posisi PNS yang sudah pensiun.

“Kecuali formasi guru, dosen, kemudian yang sangat dibutuhkan adalah tenaga kesehatan,” ujarnya.

Syafruddin juga mengatakan, dan untuk pendaftaran CPNS dilakukan serentak secara online di portal resmi sscn.bkn.go.id.

Olehnya itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB, yakni menpan.go.id dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id. (SS)