Beranda Halmahera Selatan Jaga Tradisi, Kesultanan Bacan Gelar Popas Lipu

Jaga Tradisi, Kesultanan Bacan Gelar Popas Lipu

4078
0

LABUHA – Sudah menjadi tradisi setiap tahun, dalam menyambut Tahun Baru Islam Hijriyah, pihak Kesultanan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melaksanakan ritual adat Popas Lipu.

Ritual adat Popas Lipu atau keliling kampung itu dilakukan Selasa (11/9/2018) pagi, di Masjid Kesultanan Bacan Desa Amasing Kota Kecamatan Bacan.

Prosesi Popas Lipu diawali dengan pembacaan doa syukuran dan doa tolak bala yang dipimpin oleh imam Masjid Kesultanan Bacan.
Usai pembacaan doa, dilanjutkan dengan Popas Lipu atau keliling kampung dengan rute Masjid Kesultanan Bacan menuju Benteng Barnavel, kemudian melalui terminal Tomori, swering Tomori, kompleks Habibie Pelabuhan Lama, selanjutnya memasuki kawasan Labuha hingga ke ujung Desa Amasing Kota Barat melewati jalan Kali Inggoi dan berakhir di Masjid Kesultanan Bacan.

Di sejumlah titik itu, dilakukan pembacaan doa untuk menjauhkan negeri dari bencana dan doa untuk kemakmuran.

Jogugu Kesultanan Bacan, Empu Harmain Iskandar Alam menjelaskan, ritual adat Popas Lipu atau keliling kampung ini dilakukan dalam rangka menyambut datangnya bulan Muharam pada setiap tahun di Kesultanan Bacan.

Berdasarkan agenda rutin tahunan secara turun temurun, lanjut Harmain, pihak kesultanan Bacan melaksanakan hajatan ritual adat Popas Lipu menyambut Tahun baru Islam.

Popas Lipu ini, menurutnya, mengedepankan puji syukur dalam tirakat pemanjatan doa bersama, guna menjauhkan negeri dari bala bencana untuk menuju kemakmuran ngeri yang barakah.

“Popas Lipu ini bagian dari pembacan doa syukuran dan doa tolak bala untuk negeri Lipu makmur,” jelas Harmain yang akrab disapa Nau Main.

Ritual adat Popas Lipu diikuti oleh pihak perangkat masjid kesultanan Bacan, masyarakat adat Kesultanan Bacan, Gema Suba, Paguyuban, ormas, OKP serta masyarakat umum lainnya.(Raja)