Beranda Maluku Utara Warek II: Tidak Ada Kendala, Oktober ini Sebanyak 200 Lebih Mahasiswa akan...

Warek II: Tidak Ada Kendala, Oktober ini Sebanyak 200 Lebih Mahasiswa akan Diwisuda 

535
0
BAGIKAN
Warek II Unipas Morotai, Irfan Hi Abdurahman

MOROTAI – Sebanyak 200 lebih mahasiswa Universitas Pasifik (Unipas) Kabupaten Pulau Morotai, akan diwisudakan pada bulan Oktober tahun 2018 ini. Hal ini dilakukan jika tidak ada kendala.

Wakil Rektur (Warek) II Unipas, Irfan Hi Abdurahman kepada sejumlah awak media mengatakan, keterlambatan wisuda para Mahasiswa Unipas ini lantaran akreditasi sejumlah program study belum diakreditasi.

“Jadi berdasarkan prosedur dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), bahwa jika Kampus yang gelar wisuda wajib penuhi akreditasi program study. Nah yang terjadi Unipas terdapat enam program study yang belum terakreditasi. Ini penyebab Unipas belum gelar wisuda,” ungkap Warek II, Irfan Hi Abdurahman yang didampingi Dekan Faklutas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unipas, Parto Sumati kepada sejumlah awak media di gedung rektorat Unipas, Selasa (18/9).

Irfan lantas merinci program study yang belum penuhi akreditasi dan program study dan belum terakreditasi. Terdapat enam program study yang belum penuhi akreditasi, yakni program study Matematika, Tehnik Idustri, Ekonomi Akuntansi, Teknologi Hasil Perikanan (THP), Tehnik Lingkungan dan Tehnik Informatika . Sementara terdapat lima program study yang telah terakreditasi diantaranya program study Fisip, PGSD, Tehnik Sipil, Bahasa Inggris dan Ilmu Kelautan.

”Dan program study yang belum terakreditasi sudah diusulkan ke Dikti, tinggal menunggu hasilnya,” terangnya.

Disentil mengenai anggaran untuk pergelaran wisuda sebesar  Rp 2,1 Miliar, ia mengatakan,  “Saat ini kami baru cairkan Rp 600 juta namun, anggarannnya tidak cukup Rp 600 juta, sehingga uang tersebut kami digunakan untuk pembayaran gaji dosen selama tiga bulan dan operasional kampus,” timpalnya.

Untuk menyiasati anggaran wisuda yang tidak cukup itu, pihak kampus kembali bakal melakukan permintaan ke Pemda untuk penuhi anggaran wisuda.

”Jadi sisanya akan diminta kembali untuk penuhi anggaran wisuda,” katanya.

Dirinya berharap secepatnya program study yang belum terakreditasi secepatnya di akreditasi. ”Jika lima program study sudah terakreditasi, dan tidak ada kendala maka di bulan oktober Unipas akan gelar wisuda,” pungkasnya.(Ical)