Beranda Halmahera Utara Peran Serta LINMAS Dilibatkan, Kecamatan Tobelo Lakukan Pelatihan Pemahaman Kapasitas

Peran Serta LINMAS Dilibatkan, Kecamatan Tobelo Lakukan Pelatihan Pemahaman Kapasitas

531
0

TOBELO – Meningkatkan tugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Kantor Kecamatan Tobelo, Kamis (20/09) pagi tadi mengelar pelatihan para anggota Linmas.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula mesjid Jami Tobelo, didukung oleh kerja sama dengan desa Wari Ino, Gura dan Tagalaya, 16 anggota Linmas terlibat dalam pelatihan tersebut.

Camat Tobelo, Aswin Lahiaro ketika dihubungi wartawan mengatakan, pelatihan kapasitas Linmas ini guna meningkatkan fungsi Linmas di desa seperti menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) terlebih memasuki momen Pemilu di 2019 ini.

Lanjut dia mengatakan dalam kegiatan ini, para anggota Linmas diberikan materi terkait Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh anggota Bhabinkamtibmas dari masing-masing desa.

Camat juga mengharapkan, melalui materi ini anggota Linmas dilatih untuk bagimana cara melakukan pertolongan terhadap korban Lakalantas, mengamati secara umum tentang situasi baik orang maupun barang atau benda-benda yang mencurigakan.

Mencatat tempat dan waktu kejadian, serta mengamankan barang bukti. Serta perhatian dan melibatkan diri pada kegiatan sosial di desa.

“Saya berharap lewat materi ini, anggota Linmas dapat berperan aktif menjalankan tugas dan fungsinya di desa dengan melakukan pendekatan serta menyampaikan himbauan Kamtibmas ke masyarakat”, harap Aswin. (Enol)