Beranda Maluku Utara Pemkot Tidore Gelar Sosialisasi UU Tindak Pidana Korupsi

Pemkot Tidore Gelar Sosialisasi UU Tindak Pidana Korupsi

540
0

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tidore Kepulauan menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi, di aula SMK N 1 Tidore Kepulauan, Selasa (16/10).

Walikota Tidore Kepulauan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris daerah Kota Tidore Kepulauan, Thamrin Fabanyo, pada pembukaan sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa proses penegakan hukum khususnya tindak pidana korupsi bukanlah sesuatu yang mudah karena tingkat kompleksitasnya yang sangat tinggi, hal itu karena korupsi dilakukan secara massif dan sistematis baik yang dilakukan oleh orang pribadi maupun berkelompok. Untuk itu kegiatan semacam ini perlu diapresiasi karena sebagai bentuk ikhtiar kepada kita semua sebagai penyelenggara pemerintahan.

Walikota menambahkan, sebagai penyelenggara pemerintahan dan warna negara yang baik, perlu memiliki dedikasi dan sensitivitas terhadap pencegahan korupsi demi terwujudnya “good governance”, kesadaran hukum dan mendorong terjadinya “law enforcement” yang adil, transparan dan akuntabel.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Ham Setda Kota Tidore Kepulauan dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi bagi aparatur pemerintahan daerah dan masyarakat tentang tindak pidana korupsi dan pencegahan serta pemberantasannya demi terwujudnya pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas korupsi.

Sosialisasi yang dilaksanakan sehari tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari bendahara pengeluaran pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan pemateri Staf khusus Walikota Tidore Kepulauan bidang Hukum dan Pemerintahan, Muhammad Konoras, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Tidore Kepulauan, Kasat Serse dan Kriminal Polres Tidore, dan Kepala Bagian hukum dan Ham Setda Kota Tidore Kepulauan. (SS)