Beranda Halmahera Utara PSU Kao Teluk dan Jailolo Timur, Gengsi Golkar dan PDIP Jadi Isu...

PSU Kao Teluk dan Jailolo Timur, Gengsi Golkar dan PDIP Jadi Isu Utama

471
0
BAGIKAN
Suasana pencoblosan PSU

TOBELO – Jalannya pesta demokrasi rakyat Maluku Utara dalam memilih pemimpinnya masa kerja 5 tahun kedepan, berlangsung aman dan lancar.

“Lega, kami telah memberikan aspirasi lewat pemberian suara di TPS”, ungkap Usman warga desa Bobane Igo kepada media ini. Usman sendiri, dalam pemilu kada 27 Juni lalu, bersama ratusan warga lainnya, tidak ikut mencoblos alias memilih golput.

Ditanyakan alasannya untuk memilih golput, Usman enggan menanggapi, lalu berlalu dengan senyum. “Kalau yang itu, kita tara mau berkomentar”, ucap dia senyum seraya pergi meninggalkan wartawan.

Dalam pelaksanaan PSU kemarin, baik di kecamatan Kao Teluk (versi Halmahera Utara) dan kecamatan Jailolo Timur (versi Halmahera Barat), pertarungan gengsi dua Partai Politik besar, antara PDI Perjuangan dan GOLKAR, menjadi isu utama yang mengemuka.

Betapa tidak, dua penguasa di dua kabupaten, baik Halut dan Halbar, yang sementara di dera “baku malawang” persoalan tapal batas di enam desa, adalah petinggi partai di daerahnya masing-masing.

Frans Manery, Bupati Halmahera Utara, di kenal kental dengan warna kuningnya alias Ketua DPD II Partai GOLKAR. Sementara itu, Danny Missi, Bupati Halmahera Barat, juga adalah petinggi partai PDI Perjuangan.

Pertarungan gengsi partai politik, juga menjalar kepada kondisi sosial masyarakat yang memilih Halmahera Utara dan Halmahera Barat sebagai tempat untuk mereka meminta perlindungan dan harapan mereka berpemerintahan.

“Torang yang memilih Halbar, pastilah torang pilih nomor 3 (AGK-YA). Karena torang pe Bupati dia PDI Perjuangan. Saya rasa, yang memilih Halut juga demikian. Butul ka tarada”, kata salah seorang ibu kepada wartawan di lokasi TPS, sambil dirinya serius menyimak hasil perolehan suara.

Sekedar mereview, hasil PSU kemarin di Kao Teluk dan Jailolo Timur, menempatkan, pasangan nomor urut 3 AGK-YA, jauh unggul dari pasangan AHM-RIVAI. Berikut hasil selengkapnya yang di ambil dari masing-masing desa :

Kec. Jailolo Timur (versi Halbar)

1 Pasir Putih
AHM-RIVAI 1
AGK-YA 76

2 Dum-Dum
AHM-RIVAI 8
AGK-YA 166

3 Gamsungi
AHM-RIVAI 6
AGK-YA 169

4 Akelamo Kao
AHM-RIVAI 14
AGK-YA 335

5 Tetewang
AHM-RIVAI 22
AGK-YA 348

6 Bobane Igo
AHM-RIVAI 90
AGK-YA 666

Akumulasi Perhitungan
AHM – RIVAI 141
AGK – YA 1.760

Kecamatan Kao Teluk (versi Halut)

1 Pasir Putih
AHM-RIVAI 169
AGK-YA 74

2 Dum-Dum
AHM-RIVAI 110
AGK-YA 68

3 Gamsungi
AHM-RIVAI 49
AGK-YA 77

4 Akelamo Kao
AHM-RIVAI 250
AGK-YA 121

5 Tetewang
AHM-RIVAI 134
AGK-YA 98

6 Bobane Igo
AHM-RIVAI 344
AGK-YA 138

Akumulasi Perhitungan
AHM – RIVAI 1.056
AGK – YA 576.

(Enol)